Waspadai Gigitan Tungau Kasur pada Anak

Bunda seringkali  menemukan bercak merah pada kulit anak? Bisa jadi ini adalah tanda adanya gigitan tungau. Tungau sendiri mampu menghasilkan 20 kotoran yang bisa hancur seperti debu. Itulah yang menyebabkan kulit si kecil menjadi alergi. Jadi jangan heran meskipun kasur, bantal, selimut, bahkan sprei yang terlihat bersih nyatanya masih juga dihinggapi oleh tungau.

Untuk itu, sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan kamar anak yang secara tidak langsung juga sangat berhubungan dengan kesehatan anak itu sendiri. Pasalnya,  kamar tidur yang kotor hanya akan menimbulkan beberapa gangguan bagi kesehatan si kecil. Untuk itu Bunda perlu segera menangani gigitan tungau kasur pada anak tersebut.

tungau kasur

 

baca juga artikel tentang sedot tungau jakarta

Bagaimana Cara Mengatasi Gigitan Tungau Kasur pada Anak?

                Pada umumnya anak-anak memiliki alergi debu dan tak jarang juga merasa gatal-gatal akibat gigitan tungau debu. Tugau sendiri juga dapat mendapatkan efek gigitan yang berbeda-beda pada setiap anak. Namun kebanyakan gigitan tungau debu akan menyebabkan bengkak dan kemerahan pada kulit yang disertai rasa gatal. Tak jarang kulit juga menjadi panas dan berair.

Lantas bagaimana cara mengobatinya? Simak beberapa langkah mengatasi gigitan tungau kasur pada anak berikut.

  1. Jangan digaruk

Ini adalah pantangan yang harus ditaati. Pasalnya kulit yang sudah digigit tentu saja mengalami iritasi. Jika digaruk maka dapat membuat kulit menjadi infeksi dan meninggalkan bekas berwarna hitam. Lebih bagi Anda menempelkan kapas yang telah dibasahi dengan air bersih di atas kulit yang iritasi tersebut. Dengan begitu rasa gatal akan sedikit reda.

kunjungi juga blog saya tentang vacuum tungau jakarta

  1. Segera bersihkan kulit dengan sabun antiseptik

Hal ini bertujuan untuk mensterilkan kulit yang telah teriritasi. Anda bisa menggunakan air dingin dan sabun antiseptik untuk membersihkannya.

  1. Segera konsultasikan ke dokter

Terakhir jika kulit yang teriritasi belum juga sembuh maka jangan segan untuk segera berkonsultasi kepada dokter terdekat. Dengan begitu, dokter bisa memastikan penyebab keluhan serta memberikan penanganan yang tepat kepada si kecil.

Gigitan tungau memang perlu diatasi dengan segera agar iritasi tidak memburuk sehingga akan menjalar ke bagian kulit yang lainnya. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan kamar agar  hal ini tidak terulang kembali.