Penjelasan tentang visual novel

Apa itu Visual Novel ?

Visual Novel (ビジュアルノベル bijuaru noberu) terkadang disebut Sound Novel atau Novel Game, adalah game dengan dasar ‘cerita fiksi interaktif’ mengkombinasikan antara novel dengan game console dan PC sebagai media, hampir semua game visual novel menggunakan grafis bergaya anime di tambah dengan back ground music, dalam game play terdapat kotak percakapan untuk menyampaikan narasi atau ucapan si karakter, sekarang rata-rata game VN menggunakan voice untuk setiap karakter, sehingga kakter serasa lebih hidup.

How About a Game Play ?

‘Gimana sih mainya? Cuma baca teks dalam box gitu ya? sama click-click dong?’, ya itu gak sepenuhnya salah si, kayak baca novel biasa aja. TAPI! ini salah satu kelebihan VN, rata-rata VN memeiliki multiple ending, dan ada yang namanya Route, Player akan diberi serangkaian Choices atau pilihan,choices yang player pilih akan menentukan route yang akan player tempuh, dan ini mempengaruhi ending yang akan didapat. Sumber referensi www.ryuublogger.com

 

Jenis Penyampaian Teks

Ada dua jenis metode penyampaian teks yang dalam VN.

ADV
ADV (ADVenture Game) adalah jenis penyampaian teks yang paling popular dalam VN, Biasanaya posisi text box berada di bawah sehingga tidak menutupi character di belakangnya.

NVL
NVL (Visual NoVeL) berbeda dengan ADV, jenis NVL menampilkan teks secara Full Screen, sehingga menutupi karater dan background dibelakangnya, memungkinkan penyampaian teks atau narasi dalam satu halaman penuh.

The Conclusion

Memainkan Visual Novel seperti kita membaca novel,teteapi dengan beberapa kelebihan yang di implementasikan seperti­- penggambaran karakter dengan ekspresi yang dapat berubah , background music yang di atur untukmatch dengan scene,Choices yang memenentukan Route, dan Route yang berujung pada ending, player akan mengalami lebih dari sekedar membaca teks. Kelebihan di atas akan membuat player lebih menghayati setiap scene dalam game, terlebih lagi VN jaman sekarang hadir dengan voice untuk character-nya,game akan terasa lebih real seakan player benar-benar berintreksi dengan character di dalamnya.

Well thats all, bagaimana? sudah ada gambaran tentang bagaimana itu Visual Novel? Semoga ada ya hha.