Tumis Buncis Daging Ayam Praktis Dan Lezat Rasanya

Artikel ini akan menjelaskan tentang tumis buncis daging ayam. Daging cincang ini termasuk makanan populer di indonesia caranya pun hampir sama dengan cara memasak daging giling, hanya caranya yang berbeda. Mungkin jika daging giling caranya dagingnya di giling menggunakan choper dan mesin giling daging bakso, nah kalau daging cincang dagingnya pun di potong-potong tapi menggunakan cara manual.

Manfaat Daging Ayam

daging ayam

1. Daging Ayam Mengandung Protein Baik Untuk Otot

Protein menjadi salah satu zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Tingginya protein dalam daging ayam dapat membantu untuk meningkatkan pembentukan otot. Biasanya manfaat ayam ini digunakan bagi orang yang sedang ingin membentuk massa otot dengan melakukan aktivitas gym.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Tak hanya itu, daging ayam juga bisa digunakan sebagai makanan diet namun dengan olahan yang berbeda dari biasanya. Misalnya tidak dimasak dengan minyak goreng panas untuk menghindari kolesterol jahat, biasanya teknik yang dilakukan dengan cara direbus atau digoreng dengan virgin oil. Bagian dada dan paha memiliki jumlah protein hingga 25 – 30 gram pada tiap potongnya. Selain itu, daging ayam juga dapat memberikan efek kenyang.

Ingat ALovers, walaupun ayam memiliki kandungan protein yang cocok untuk diet, namun kamu harus tetap menyeimbangkannya dengan olahraga. Supaya berat badan ideal kamu bisa tercapai.

3. Meningkatkan Metabolisme

Tidak hanya protein, saat kamu memakan daging ayam terdapat kandungan vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh kamu lho, ALovers.

Jadi, kamu nggak perlu takut gendut saat makan ayam. Eits, yang paling penting kamu jangan berlebihan saat makan ayam dan harus diperhatikan bagaimana saat ayam dimasak.

4. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Ayam mengandung vitamin B3 atau kandungan niacin memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kamu yaitu, menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Biasanya ayam sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki penyakit hipertensi. Kula saranin, kamu mengkonsumsi bagian dada karena rendah lemak dan dimasak dengan cara direbus.

5. Mampu Menghilangkan Stres

Kula tebak pasti kamu baru tahu nih manfaat dari ayam yang ini. Yup betul, mengkonsumsi daging ayam ternyata bisa menghilangkan rasa stres. Lho, kok bisa? Nih, simak ya. Ayam memiliki kandungan vitamin B5 dan asam amino yang biasa disebut dengan tryptophan.

Zat ini berfungsi untuk menghilangkan rasa stress dan dinilai bisa merubah suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks. Nah, buat kamu yang lagi banyak pikiran bisa dicoba nih makan menu ayam supaya kamu bisa lebih tenang.

Pengertian Buncis

buncis

Buncis, adalah sejenis polong-polongan yang dapat dimakan dari berbagai kultivar Phaseolus vulgaris. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran.

Manfaat Buncis

Manfaat buncis diperoleh dari kandungan nutrisi di dalamnya. Buncis terkenal sebagai makanan sumber serat, folat, mangan, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Dalam setiap 100 gram buncis, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • 35 kalori
  • 3 gram serat
  • 2 gram protein
  • 5 mg karbohidrat
  • 12 mg vitamin C
  • 43 mikrogram vitamin K
  • 33 mikrogram folat
  • 690 IU vitamin A

Buncis juga kaya akan mineral, terutama mineral mangan. Kandungan mineral lain yang ada dalam buncis adalah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Berdasarkan kandungan gizinya, berikut sejumlah manfaat buncis untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat dan antioksidan pada kacang hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan sehat secara teratur, termasuk kacang-kacangan, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Saluran Pencernaan Yang Sehat

Kacang mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk pencernaan karena dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Kacang juga baik untuk orang yang sedang diet karena rendah kalori dan bebas dari lemak, tetapi tinggi serat, yang memungkinkan tubuh merasa kenyang lebih lama.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan

Selain karbohidrat kompleks, kacang-kacangan juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang melawan kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan penting untuk pembentukan kolagen.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Satu cangkir kacang hijau mentah mengandung sekitar 15 persen dari nilai gizi harian yang direkomendasikan vitamin A. Vitamin A sendiri berguna untuk menjaga kesehatan mata dan organ reproduksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah kanker.

Selain itu masih banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti:

  • Folat yang baik untuk kesehatan janin dan mencegah cacat lahir.
  • Mangan, yang dapat membantu memelihara metabolisme tubuh, kesehatan tulang, serta mempercepat penyembuhan luka.
  • Vitamin K, yang berperan penting dalam pembekuan darah. Vitamin K juga berperan pada pembentukan tulang dan melindungi tulang dari osteoporosis.

Tumis Buncis Daging Ayam

buncis daging giling ayam

Bahan-bahan :

  • 250 gr daging ayam cincang
  • 250 gr buncis, potong kecil
  • 4 biji bawang putih cincang
  • Garam dan lada secukupnya
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil
  • secukupnya Kecap manis
  • Saos tiram secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat Tumis Buncis Daging Ayam :

  1. Goreng buncis di minyak panas hingga layu, kemudian tiriskan.
  2. Tumis bawang putih & bawang bombay dengan sedikit minyak.
  3. Masukkan daging cincang, aduk merata.
  4. Setelah daging berubah warna, masukan garam dan lada secukupnya.
  5. Masukkan kecap manis dan saos tiram secukupnya.
  6. Tambahkan 1 gelas air, ungkep dengan api kecil agar daging empuk.
  7. Masukkan buncis yang sudah digoreng. Koreksi rasa dan sajikaaan.

Sekian penjelasan tentang tumis buncis daging ayam. Masih banyak resep lagi yang bisa diolah bersama dengan daging giling seperti bumbu bistik daging giling. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba