Tips Mencuci Sofa Kain di Rumah dengan Cara yang Benar

Tips mencuci sofa tampaknya sulit dan memakan waktu banyak. Sofa banyak dipakai di bagian ruangan baik itu ruang tamu, ruang keluarga, maupun ruangan yang lainnya. Selain nyaman untuk bersantai sofa juga membuat tampilan rumah lebih modern. Sofa yang terlalu lama tidak dibersihkan tidak akan terihat deunya namun, akan terasa jika anda menggunakanya. Debu yang menempel pada sofa akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti, batuk, gatal, hingga menimbulkan alergi debu yang timbul akibat menghirup debu dan kotoran. Sebab itu cara mencuci sofa di rumah dapat anda lakukan sendiri agar lebih menghemat biaya.

Baca juga laundry sofa bandung

Tips Mencuci Sofa Kain di Rumah

Meski terkadang mencuci sofa sangat sulit dilakukan namun tidak ada salahnya anda berinisiatif mencuci sofa anda sendiri dirumah. Jika hal ini akan anda lakukan ada beberapa tips yang dapat anda jadikan referensi saat anda akan mencuci sofa dirumah. Diantaranya:

cara mencuci sofa

1. Sedot Debu Menyeluruh

Pertama hal yang harus anda lakukan untuk mencuci sofa di rumah adalah membersihkan sofa dari debu dan remah makanan yang jatuh di sofa. Anda dapat menggunakan vakum cleaner untuk membersihkannya. Gunakan vacum cleaner dengan ujung yang khusus agar dapat membersihkan di bagian-bagian tertentu pada sofa. Jika debu dan kotoran tidak bersih maka akan menimbulkan noda lumpur bahkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Lepas Aksesoris Sofa

Setelah sedot debu yang menempel pada sofa kemudian lepaskan semua pernak pernik yang terpasang pada sofa. Kain penutup punggung sofa dan bantalan tambahannya juga perlu anda lepas. Anda juga dapat mencuci kain tersebut agar tampak seperti baru. Jemur bantalan tambahan agar debu yang menempel bisa hilang.

Baca juga cuci sofa bandung

3. Bersihkan Sisa Noda Minuman

Membersihkan sofa yang terkena noda harus segera dibersihkan karena jika lama tidak dibersihkan noda akan menempel sehingga anda sulit untuk membersihkannya. Pilih detergen lembut yang cocok untuk sofa kain anda. Celupkan sikat pada detergen atau sabun cair lalu sikatkan pada bagian yang ada nodanya. Sikatkan perlahan-lahan agar tidak merusak sofa kain anda.

Perhatikan tips mencuci sofa seperti uraian di atas agar mempermudah anda saat akan mencuci sofa dirumah.