Sudahkah Baca Doa Belajar?

doa-sebelum-belajar

Menuntut ilmu atau belajar bisa di lakukan dimana saja, baik di sekolah formal atau di lingkungan kita, dan belajar ada dua jenis belajar agama atau syariat islam dan belajar ilmu dunia.

Dan kedua jenis belajar tersebut adalah baik dan positif, walaupun yang wajib bagi seorang muslim adalah mempelajari ilmu agama, tapi kita sepakat kedua jenis pelajaran ini adalah baik dan positif.

Kalau keduanya baik, maka alangkah lebih baik lagi jika sebelum belajar kita sempatkan membaca doa belajar, agar keberkahan dan juga kebaikan kita akan di lipatkan oleh ALLAH Subhana Huwataala.

Yang harus kita lakukan adalah membaca doa sebelum belajar dan membaca doa setelah belajar, lalu bagaimana kedua doa tersebut, simak di bawah ini.

Bacaan Doa Sebelum Belajar

Apakah anda tahu apa doa sebelum belajar yang mudah dan ringkas dan pasti saya yakin semua muslim sudah mengetahuinya?, doa tersebut adalah bacaan Basmallah, yaitu “Bismillah Hirahman Nirahim”.

Inilah doa sebelumbelajar yang mudah dan ringkas yang banyak orang tidak mengamalkannya, karena memang tidak tahu atau karena malas, dan sekarang untuk anda yang membaca artikel ini maka sudah tahu, dan jangan pernah di tinggalkan.

Yang kedua adalah membaca doa:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Bacaan Latin: “Robbi zidni ilman”

Artinya: “Wahai Rabbku Tambahkanlah kepadaku ilmu”

Doa sebelum belajar ini juga ringkas, yaitu meminta kepada ALLAH agar berkenan memberikan tambah ilmu kepada kita dengan belajar.

Untuk doa sebelum belajar saya cukupkan dua doa yang ringkas saja, dengan kedua doa tersebut maka insya ALLAH akan diberikan keberkahan dan kebaikan juga pemahaman akan ilmu yang kita pelajari.

Bacaan Doa Setelah Belajar

Sekarang kita beralih ke doa setelah belajar, Mungkin anda bertanya ribet amat, semua hal ada doanya, sebenarnya tidak ribet, yang ribet adalah kitanya sendiri, kenapa tidak mau menjalankan syariat islam secara menyeluruh, makanya hal yang sepertinya remeh akan dianggap ribet.

Sekali lagi ini bukan ribet, ini adalah untuk kebaikan kita, karena tidaklah ALLAH membuat aturan syariat kecuali untuk kemaslahatan kita sendiri.

Bacaan doa setelah belajar adalah doa kafaratul majelis, yaitu doa meminta ampun kepada ALLAH atas kelalaian kita saat berada di majelis ilmu, bacaannya adalah:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Bacaan doa setelah belajar Latin: ‘Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla illa anta astghfiruka waatubu ilaiikh’

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Bagaimana?, mudahkan untuk mengamalkan doa belajar ini, mulai sekarang jangan sampai kita tidak membaca doa belajar selagi kita akan menuntut ilmu, baik itu ilmu dunia maupun ilmu agama.

Karena manfaat yang akan kita dapatkan akan sebanding bahkan lebih dari efort yang kita keluarkan, untuk lebih membiasakan juga bisa kita gunakan catatan, jadi sebelum belajar kita membaca doa di catatan kita tersebut, jika kita melakukannya secara konsisten maka tidak akan lama kita akan menghafal doa belajar ini.

Tanamkan di dalam hati kita bahwa membaca doa setiap akan melakukan aktifitas adalah suatu hal yajng sangat di anjurkan dan ingat akan keutamaan dari doa tersebut.

DI dunia informasi yang semakin maju, maka kegiatan belajar sekarang menjadi semakin mudah, dan banyak dari kita belajar islam melalui online, tapi pertanyaannya adalah, apakah boleh belajar islam via online, baca artikel berikut, https://allaboutmuhammad.com/belajar-islam/