Setu Patok Cirebon Objek wisata Gratis yang mempesona

Halo traveler, jumpa lagi dengan tulisan kami yang senantiasa mengangkat tempat menarik untuk didatangi di Indonesia. Bila anda sudah menggunakan jasa travel jakarta cirebon untuk tujuan perjalanan liburan, jangan lupa untuk mampir sejenak ke sebuah objek wisata bernama setu patok.

setu patok cirebon nalatra.com

Bila sebelumnya Cirebon dikenal sebagai pusat tempat wisata kota dengan aspek budaya dan histori yang merupakan daya tarik utamanya, ternya kota yang satu ini menyimpan sebueh destinasi menarik berupa pesona hamparan air dari  danau yang dikenal dengan setu patok.

Bila anda bosan dengan tekanan aktivitas dan rutinitas yang menjemukan sebagai akibat dari menumpuknya  pekerjaan yang melelahkan fisik dan pikiran. Inilah waktu yang tepat untuk lari sejenak dari beban pekerjaan, sambil beristirahat mengistirahatkan fikiran.

Diantara aktifitas penyegar otak yang bisa anda lakukan adalah dengan berlibur mendatangi tempat wisata yang memberikan ketenangan seperti danau atau situ. Bagi warga cirebon dan sekitarnya tempat yang paling tepat untuk melakukan hal tersebut adalah situ patok. Tempat ini merupakan bagian dari wilayah Mundu, Kabupaten Cirebon,

Asal usul setu patok

Menurut kepercayaan masyarakat setempat. Setu Patok terbentuk akibat instensitas banjir yang terus menghantui warga. Beragam upaya dilakukan untuk mencegah banjir berkelanjutan, namun apa daya sisa air genangan penyebab utama banjir tetap menyerang permukiman warga.

Ditengah keputusasaan tercetuslah sebuah ide tentang sayembara atau unjuk kesaktian untuk membendung genangan air penyebab banjir tersebut. Dari situlah tampil seorang pemuda bernama Muqoyyim Seya yang dengan kesaktianya memasang patok di setiap pojok genangan. Berkat ilmu yang dimilikinya, dengan serta merta patok yang ditanam tersebut mampu membendung genangan air hingga tak lagi menerjang rumah warga. Sejak saat itulah genangan yang ditama pato oleh muqoyyim diberi nama setu patok.

Objek wisata setu patok

Menjadi salah satu objek wisata di wilayah cirebon, setu patok banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau saat musim libur panjang datang. Tempat ini menyediakan fasilitas umum untuk pengunjung seperti kamar mandi, sarana ibadah, lahan parkir dan lain sebagainya.

Bagi wisatawan yang hobi berkemah, tersedia juga camping ground yang cukup nyaman untuk mendirikan tenda beserta perangkat lain nya. Tak perlu cemas bila panggilan perut datang, di setu patok tersedia para pedagang yang menawarkan aneka hidangan lezat yang bisa anda beli dengan harga terjangkau.

Sejatinya setiap tempat wisata akan memasang tarif untuk para pengunjung. Namun untuk menikmati keindahan alam di tempat ini tak ada biaya yang harus dikeluarkan. Bila anda berencana mengeksplorasi tempat ini cobalah menyewa perahu yang dibanderol seharga Rp 20.000.-.