Ingin Poles Lantai Marmer? Ini Manfaat dan Tahapan Prosesnya Yang Perlu Anda Tahu

Anda ingin poles marmer? Boleh saja. Tapi sebelum itu, tahukah Anda apa manfaatnya? Jarang diketahui, poles lantai marmer ternyata punya banyak manfaat loh. Mau tahu apa saja itu?

Lantai marmer banyak digemari karena mampu memberi kesan berbeda. Tampilannya yang elegan dan mewah membuat interior rumah semakin cantik. Namun perlu Anda tahu, guna mempertahankan keindahannya itu, lantai marmer harus dirawat. Caranya yaitu dengan dipoles, melewati beberapa tahapan dan proses.

baca juga: jasa bersih rumah Batam

Manfaat Melakukan Poles Lantai Marmer

Perawatan lantai marmer memang tidak cukup jika hanya dipel. Marmer harus dipoles untuk membuatnya tetap berkilau. Karena itulah poles marmer perlu dilakukan secara rutin. Selain itu, ada juga banyak manfaat lainnya. Antara lain yaitu:

  1. Menghilangkan Noda Membandel

Noda di lantai adalah hal biasa. Apalagi noda makanan dan minuman, itu sangat mudah dibersihkan. Karena itulah, hal ini bukan masalah besar. Beda lagi jika itu noda karat, tinta atau cat. Noda sejenis ini sulit bersih dan akan berbekas.

Namun dengan poles marmer maka noda apapun tidak jadi masalah. Poles lantai ini adalah solusi tepat untuk menghilangkan noda. Cara paling efektif untuk bisa membuat lantai bersih dengan mudah.

  1. Menghilangkan Tanda Etch

Anda sering gunakan pembersih berbahan keras untuk lantai marmer? Hati-hati, itu bisa menyebabkan muncul tanda etch di permukaan lantai.

Tanda etch atau etsa disebabkan reaksi pertemuan zat kimia. Yaitu zat alkali dan asam dengan kalsium bikarbonat penyusun marmer. Dari kondisi itu, lantai akan menjadi kusam dan keruh. Bahkan jika terlalu lama dibiarkan, lantai akan rusak.

Oleh karena itu, kebersihan lantai marmer harus dijaga. Salah satunya dengan melakukan poles lantai marmer. Menghilangkan tanda etch dan membuat lantai bening kembali.

baca juga: cleaning service batam

  1. Memberi Perlindungan Pada Lantai

Poles marmer tidak hanya bermanfaat membersihkan tapi juga melindungi. Hal ini karena formulasi yang digunakan efektif untuk menutup pori-pori marmer. Sehingga teksturnya menjadi lebih keras dan kuat.

Karena teskturnya inilah, lantai menjadi terlindungi dari berbagai risiko. Seperti tergores, terkena noda membandel atau terserang jamur.

  1. Membantu Menjaga Kilau Lantai

Seiring waktu, keindahan lantai marmer pasti berkurang. Tampilannya menjadi tidak secantik dulu. Kilaunya pun terlihat memudar dan berubah agak kusam.

Nah, disinilah manfaat poles marmer diperlukan. Jika rutin memolesnya, maka kilau lantai dapat terjaga. Noda yang menempel di permukaannya akan hilang dan lantai dapat kembali berkilau.

Tahapan dan Proses Poles Lantai Marmer

Dalam memoles lantai, ada beberapa tahapan dan proses yang harus dilewati. Pertama, pengikisan dan pemasangan ulang nat. Di mana ini dilakukan untuk merapikan nat yang masih berantakan.

Tahap kedua adalah grinding, yaitu proses pengangkatan noda dan kotoran. Dilakukan menggunakan mesin poles, diamond pad dan air. Dengan tujuan membuat permukaan lantai marmer bersih, halus dan rata.

Selanjutnya tahap ketiga adalah kristalisasi. Di tahap inilah lantai marmer akan dibuat mengkilap. Dengan menggunakan bahan-bahan kimia dan melalui dua tahapan, warna lantai dapat kembali kinclong.

Terakhir, tahap coating atau pelapisan. Tahapan ini bertujuan menjaga kilap lantai agar tahan lama. Juga mencegah supaya lantai tidak cepat rusak. Di mana bahan pelapis yang dipakai adalah sejenis Bilinzon.

Nah, itulah tahapan dan proses poles lantai marmer. Untuk mendapat manfaat terbaik, pemolesan ini harus rutin dilakukan. Penting Anda tahu juga, memoles marmer tidak boleh sembarangan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan jasa poles marmer saja.