Penyebab Infertilitas Pada Pria

Hingga saat ini banyak yang menganggap jika infertilitas hanya terjadi pada wanita saja, padahal faktanya pria pun juga bisa loh mengalami infertilitas.

Lalu apa ya, penyebab infertilitas pada pria?

Penyebab utama infertilitas pada pria hanyalah satu yakni sperma. Apabila seorang pria yang dicurigai tidak subur maka akan dilakukan tes atau pemeriksaan pada kualitas sperma yang dimilikinya. Mulai dari konsentrasi, gerakan hingga morfologi dan bentuk dari sperma yang dimilikinya. Apabila salah satu saja dari tiga indikator tersebut terdapat sebuah kelainan maka hal ini berarti jika sperma dari pria tersebut tidak baik atau tidak normal sehingga mengalami infertilitas.

Ada banyak penyebab yang membuat sperma pria tidak berfungsi dengan normal. Beberapa di antaranya adalah disebabkan oleh hormonal, kelelahan, mengkonsumsi rokok dan alkohol hingga duduk terlalu lama yang membuat suhu pada testis meningkat menjadi lebih panas.

Hal ini dapat menganggu kualitas sperma yang dimiliki oleh pria.

Untuk sperma yang sehat sendiri memiliki beberapa ciri ciri yang bisa dilihat secara jelas. Yang pertama adalah bentuk kepala sperma yang lonjong dan mempunyai akrosom. Akrosom ini sendiri adalah enzim yang memiliki peran dan tugas untuk meleburkan dinding pelindung sel telur agar sperma dapat menembusnya.

Ciri ciri lain dari sperma yang normal adalah ekornya tidak patah dan di lehernya tidak terdapat sitoplasma.

Fungsi sitoplasma sendiri memanglah sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup namun jika sitoplasma muncul pada sperma maka sudah dipastikan jika kualitas sperma tersebut tidak baik.

Jika dilihat dari sisi pergerakannya sperma yang normal atau sehat akan bergerak maju dengan jumlah yang standar yakni sekitar 15 juta/ml.

Sedangkan jika dilihat dari kekentalan maka sperma yang sehat biasanya mempunyai volume sekitar 20 cc.

Kekentalan sperma ini sendiri dapat dilihat dan dites untuk mengetahui kualitasnya dengan cara mengukur sepersekian detik jika sperma tersebut putus maka sudah dipastikan sperma tersebut tidak dalam keadaan baik.

Jadi bukan hanya perempuan saja ya, yang memiliki masalah pada kesuburan namun pria juga dapat mengalami masalah yang sama.