Pengertian Teks Editorial, Ciri, Struktur dan Contoh

Hai teman materibelajar.co.id senang hari ini Anda bisa menyapa Anda semua. Sobat, pada kesempatan ini saya akan memeriksa materi tentang pemahaman teks editorial. Silakan merujuk pada diskusi di bawah ini.

Pengertianteks editorial

Memahami teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang tentang masalah / masalah nyata. Dan masalah-masalah ini termasuk masalah politik, sosial atau bahkan ekonomi yang memiliki hubungan signifikan dengan politik.

Ciri-Ciri teks editorial

Teks editorial memiliki beberapa fitur yang perlu kita ketahui, berikut ini fitur-fiturnya, yaitu:

Ada pendapat pribadi penulis
Memiliki sifat analisis
Gunakan pemikiran logis untuk mengekspresikan pendapat
Ditulis dengan perspektif tertentu untuk mengungkapkan kebenaran pendapat sedemikian rupa sehingga jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, kebenaran dapat memiliki makna yang berbeda.
Memiliki sifat argumentatif sehingga teks editorial ini dapat disebut sebagai teks argumentatif atau mengandung argumen atau pendapat

Struktur teks editorial

Struktur dalam teks editorial sama dengan struktur teks pameran yang merupakan pernyataan pendapat atau tesis, topik dan deklarasi ulang pendapat atau reitarasi.

Pernyataan pendapat
Pernyataan pendapat atau tesis adalah bagian yang berisi pendapat atau perspektif penulis tentang masalah yang dibahas. Dan ini biasanya merujuk pada bentuk pernyataan atau teori yang diperkuat oleh argumen.

argumentasi
Definisi argumen adalah bentuk bukti atau alasan yang dapat digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis, namun argumen tersebut juga dapat digunakan untuk menolak suatu pendapat. Suatu diskusi dapat dalam bentuk generalisasi atau pernyataan umum, deklarasi data, pernyataan ahli atau fakta berdasarkan referensi yang dapat dipercaya.

Pernyataan pendapat
adalah bagian dari teks editorial yang berisi penguatan pendapat yang telah didukung oleh fakta dalam topik. Dan pernyataan opini ada di akhir teks.

Aturan bahasa dari teks editorial

Aturan linguistik yang digunakan dalam teknologi editorial tidak jauh berbeda dari teks prosedur kompleks yang menggunakan kata kerja material.

kata keterangan
Dapat dipahami bahwa pembaca menganggap teks yang dibahas menggunakan adverbia sebagai selalu, sering, biasanya, kadang-kadang, jarang, dan sebagainya.

konjungsi
Ini adalah kata tautan dalam teks, dan juga yang lainnya.

Kata kerja material
Ini adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan atau peristiwa fisik.

Kata rasional
Ini adalah kata kerja yang menunjukkan hubungan intensitas (Pemahaman B adalah C) dan keanggotaan (Mengandung pengertian B memiliki C)

Kata mental
Ini adalah kata kerja yang menunjukkan persepsi (lihat, dll.), Kasih sayang (perhatian dan lain-lain) dan kognisi (pemahaman dan lain-lain). Dan dalam kata kerja mental ada partisi sensorik dan fenomena.

Contoh teks editorial

Pernyataan pendapat:
Sebagai akibat dari pembatasan distribusi bahan bakar minyak bersubsidi, kekurangan bahan bakar diesel dan premium sudah mulai terasa di berbagai daerah. Masih belum jelas tindakan apa yang akan diambil pemerintah sehingga kelangkaan yang semakin meluas ini tidak mengarah pada kerusuhan dan kerusuhan di masyarakat. Yang pasti, tidak bisa dengan dalih kuota yang tidak dilanggar, pasal-pasal yang begitu vital bagi masyarakat bisa hilang dari pasar.

Argumentasi :
Tanggung jawab pemerintah untuk menjamin bahan bakar tetap ada di pasar. Kami juga mempertanyakan pernyataan Pertamina bahwa, karena pembatasan diterapkan untuk mengendalikan konsumsi bahan bakar bersubsidi agar tidak melebihi kuota, mungkin saja kondisi ini berlangsung hingga akhir tahun. Kami memahami bahwa Pertamina dihadapkan pada dilema yang rumit dalam menjaga kecukupan bahan bakar bersubsidi hingga Desember 2014. Sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi defisit anggaran negara, bagian dari bahan bakar bersubsidi telah berkurang dari 48 juta menjadi 46 juta dalam anggaran yang direvisi. pada tahun 2014. Untuk distribusi bahan bakar bersubsidi di atas angka ini, pemerintah tidak akan membayar subsidi kepada Pertamina. Jadi yang coba dilakukan oleh Pertamina adalah membatasi distribusi bahan bakar bersubsidi secara proporsional dengan menetapkan kuota harian dan mengurangi jatah bensin.

Masalahnya adalah bahwa dampak yang disebabkan oleh pembatasan ini tidak hanya dirasakan oleh pemilik kendaraan pribadi. Warga kesulitan mendapatkan BBM. Juga kegiatan ekonomi, termasuk distribusi logistik, lumpuh atau terganggu. Bahkan petani kecil dan nelayan yang membutuhkan solar, irigasi, dan premi memancing juga tertarik. Di beberapa daerah, kelangkaan tidak hanya terjadi pada bahan bakar bersubsidi, tetapi juga pada bahan bakar non-subsidi. Artinya, tindakan pembatasan tidak adil dibebankan pada komunitas kecil yang tidak hanya menghadapi kenaikan harga bahan bakar, tetapi juga kelangkaan. Bahkan kegiatan ekonomi, termasuk distribusi logistik, lumpuh atau terganggu, bahkan petani kecil dan nelayan yang membutuhkan solar dan irigasi serta premi penangkapan ikan terpengaruh.

Pernyataan ulang pendapat:
Pengalaman sejauh ini, keterbatasan mekanisme mana yang tidak dipersiapkan dengan baik hanya menimbulkan masalah baru. Akrobat pemerintah dengan subsidi energi mencapai lebih dari 300.000 miliar Rupiah pada tahun 2014 dan pada 2015 mereka seharusnya tidak memperkirakan Rp 500 miliar jika pemerintah tidak menunda untuk mengambil langkah berani untuk bergerak maju, membatasi pilihan sendiri tidak cukup. Bangsa kita harus diberi tahu, era minyak murah telah lama berlalu dan kita tidak ingin terus disandera oleh subsidi.

Demikian ulasan kecil tentang definisi teks editorial yang saya rangkum untuk Anda semua. Kami harap semuanya bermanfaat dan menambah referensi Anda ya, terima kasih.

Artikel terkait : https://materibelajar.co.id/teks-editorial/