Pengertian Ping Dalam Jaringan Komputer

Pengertian Ping Dalam Jaringan Komputer adalah Ping Packet Internet Gopher sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknologi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Dengan manfaatkan utilitas ini, kita dapat menguji apakah sebuah pc membuka bersama dengan pc lainnya. Hal ini dilakukan bersama dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan tunggu respon darinya.
Utilitas ping bakal perlihatkan hasil yang positif kalau dua buah pc saling membuka di didalam sebuah jaringan, namun kalau menampilkan pesan Request time out dengan sebutan lain RTO bermakna konektivitas antar dua pc tidak terjadi. Hasil ping bersifat statistik suasana koneksi yang sesudah itu ditampilkan di bagian akhir. Kualitas koneksi dapat dicermati berasal dari besarnya waktu pergi-pulang (roundtrip) dan besarnya kuantitas paket yang hilang (packet loss). Semakin kecil ke-2 angka tersebut, semakin bagus mutu koneksinya.

Untuk menampilkan parameter berasal dari Perintah Ping Windows, kamu cukup mengetikkan “ping” atau “ping /?” atau “ping -h” (tanpa tanda petik) terhadap Command Prompt (cmd). Caranya, Start–>Accessories–>Command Prompt atau ketik cmd terhadap kolom Run (Windows+R).

Pengertian Ping dan Perintah Ping
Sebagai tambahan, perintah ping (-f) (-v TOS) (-r count) (-s count) (-j host-list) (-k host-list) hanya untuk IPv4. Tambahan juga, untuk perintah ping lainnya, sebagai berikut:
R Trace round-trip path (IPv6-only).
S Source address to use (IPv6-only).
4 Force using IPv4.
6 Force using IPv6.
Pada perintah-perintah ping yang dapat kita gunakan. Hal yang kudu diingat adalah, seluruh opsi terhadap perintah ping adalah Case Sensitif,
Perintah ping di atas dapat ditulis di cmd dan/atau di kolom Run. Nah selanjutnya ini, aku bakal coba menyatakan beberapa perintah ping.

Ping IP Address atau Hostname
Untuk menguji konektivitas. Misal: ping 202.149.86.20 atau ping sat.net.id
Menguji Ping IP dan Host

Ping –t
Melakukan perintah ping ke host target secara tetap menerus sampai dihentikan. Misal: ping –t 202.149.86.20
Perintah Ping -t

Ping –a
Melakukan perintah ping dan melacak nama host berasal dari pc tujuan. Misal: ping –a 202.149.86.20 ,maka bakal nampak hostname, yaitu www.sat.net.id
Perintah Ping -a

Ping –n count
Melakukan perintah ping bersama dengan menentukan kuantitas (count) request echo. Defaultnya tanpa –n adalah 4. Misal: ping –n 5 202.149.86.20 ,maka ping hanya dilakukan lima kali
Perintah Ping -n count
Ping –l size
Melakukan perintah ping bersama dengan mengirimkan paket data sebesar x bytes. Secara default paket yang dikirimkan sebesar 32 bytes. Maximum paket yang dapat dikirimkan sebesar 65,527 bytes Misal: ping –l 100 202.149.86.20 ,berarti paket data yang dikirim sebesar 100 bytes.

Perintah Ping -l size
Bagi para penggemar langkah internet gratis, manfaatkan opsi ping ini. Kalau aku umumnya menyesuaikan size nya 0 (nol) supaya tidak mengurangi bandwith dan pastinya antisipasi supaya tidak kepalak pulsa.

Ping –w timeout
Mengatur Timeout didalam milli-seconds untuk tunggu terhadap tiap-tiap reply. Jika pesan yang ditampilkan adalah Request time out, maka bersama dengan manfaatkan opsi atau parameter ini jarak antar pesan RTO adalah layaknya yang udah kita atur. Secara default, waktu time outnya adalah 4000 millisecond (4 detik). Misal: ping –w 10000 202.149.86.20 ,pada gambar di bawah, interval RTO nya 10 detik.