Pengertian izin usaha jasa konstruksi (IUJK)


Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) adalah ijin untuk melaksanakan bisnis di bidang jasa konstruksi yang diterbitkan oleh Kepala Daerah. Pengembangan IUJK diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat jasa konstruksi.

Dasar Hukum

Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2011 perihal Izin Usaha Jasa Konstruksi;
Peraturan Walikota Surabaya Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Walikota Surabaya Nomor 31 Tahun 2008 Tentang Tata Cara Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi.

Jenis-Jenis IUJK

Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) terdiri atas Ijin Perencana, Ijin Pelaksana dan Ijin Pengawas dengan klasifikasi arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, tata lingkungan dan manajemen pelaksanaan.

Dalam jasa konstruksi berdasarkan model kesibukan usahanya maka digolongkan di dalam 3 model yaitu :

1. Jasa Perencana Konstruksi (Konsultan)
2. Jasa Pelaksana Konstruksi (Kontraktor)
3. Jasa Pengawas Konstruksi (Konsultan)

Perusahaan yang bergerak di dalam bidang jasa konstruksi tersebut berdasarkan modalnya digolongkan di dalam Gred 1 sampai 7.

Gred 1 sanggup berupa perusahaan perorangan atau badan usaha. Sedangkan Gred 2, Gred 3 dan Gred 4 harus berupa badan bisnis berupa CV atau PT. Sedangkan Gred 5 ke atas harus berupa PT.

Untuk memperoleh IUJK tersebut tersedia lebih dari satu sertifikasi yaitu :

 

Memiliki Sertifikat Keahlian (SKA) dan/atau Sertifikat Keterampilan (SKT). Perbedaan SKA dan SKT adalah SKA sanggup diberikan kepada Jasa Perencanaan Konstruksi, Jasa Pelaksana Konstruksi dan Jasa Pengawas Konstruksi. Sedangkan untuk SKT hanya diberikan kepada Jasa Pelaksana Konstruksi (Kontraktor).

Menjadi Anggota Asosiasi Konstruksi yang terkareditasi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dan Anggota Kadin.

Memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU).

Pengajuan Surat Ijin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK).
Jadi dengan kata lain sebelum saat memiliki SIUJK maka perusahaan harus mengurus SKT/SKA, SBU, Anggota Asosiasi, Anggota Kadin baru sanggup mengurus SIUJK.

 

SURAT IJIN USAHA JASA KONSTRUKSI (SIUJK)

Surat izin usaha jasa konstruksi dikeluarkan oleh Pemerintah Kota/Kabupaten setempat. Persyaratan yang tersebut di bawah ini adalah beberapa syarat SIUJK yang berlaku di Kota Surabaya, yaitu :

-Fotocopy akta pendirian perusahaan yang sudah terdaftar di Departemen Kehakiman / Pengadilan.
-Fotocopy KTP Direktur Utama.
-Fotocopy SBU yang diterbitkan LPJK.
-Fotocopy NPWP Perusahaan.
-Daftar Nama Personil /tenaga inti perusahaan.
-Fotocopy Ijazah Tenaga Teknik dan pengalaman tehnik berasal dari tenaga tehnik serta sertifikat keterampilan/keahlian sesuai bidangnya. (SKA/SKT)
-Denah dan foto kantor perusahan.
-Surat info domisili perusahaan (Kop Kelurahan).
-Daftar kepemilikan peralatan sesuai dengan sub bidang dimaksud.
-Surat pengakuan kebenaran dokumen (Meterai 6.000).
-Foto berwarna uk. 3×4 pemohon sebanyak 2 (dua) lembar.
-Fotocopy SKA/SKT.