Pengertian Dan Jenis Agama Menurut Asal-Usulnya

Sejak dahulu agama sangat erat dalam kehidupan manusia. Ini disebabkan karena agama memberikan keyakinan-keyakinan yang mendasar bagi manusia. Asal-usul agama di dunia ini pun berbeda-beda. Itulah yang akan dijelaskan dalam artikel ini, yaitu jenis agama menurut asal-usulnya.

Pengertian Agama

Agama merupakan suatu sistim kepercayaan yang diyakini manusia, berhubungan dengan Tuhan, penciptaan alam, cara kerja alam dunia dan alam gaib, serta tuntunan peribadatan kepada Tuhan beserta tuntunan cara hidup berdasarkan keyakinan tersebut.

Jenis-Jenis Agama Menurut Asal-Usulnya

Di seluruh permukaan bumi ini diperkirakan terdapat lebih dari 4.200 agama. Berdasarkan asal-usulnya agama dibagi menjadi 6, sebagai berikut:

1. Agama Abrahamik

Agama Abrahamik adalah agama yang meyakini bahwa kepercayaan mereka adalah merupakan kelanjutan dari agama Abraham/Ibrahim. Yang termasuk agama jenis ini antara lain Yahudi, Nasrani, dan Islam. Ada juga beberapa agama kecil seperti Baha’i, Rastafari di Jamaica, Druze di Suriah dan Lebanon.

2. Agama Iran

Agama berasal dari Iran ini adalah agama kuno yang mana sebelum terjadi Islamisasi di Iran. Dahulu dataran Persia. Saat ini penganutnya adalah minoritas. Agama tang termasuk antara lain Zoroaster, Mandean, Agama Kurdi/Yazdanisme.

3. Agama India

Jenis ini adalah agama yang didirikan dan dipraktekkan di dataran India. Agama-agama India ini juga disebut dengan agama Dharma, karena adanya keyakinan semua entitas di dunia memiliki dharma/tugasnya masing-masing. Agama termasuk jenis ini adalah Hindu, Budha, dan Sikh.

4. Agama Tradisional Afrika

Agama-agama ini adalah agama yang dipraktekkan oleh orang-orang tradisional di Afrika. Sangat banyak namanya dari berbagai penjuru Afrika. Misal agama Berber di Afrika Utara, Agama Mesir Kuno, Waaq, Serer, Akan, Yoruba, Dinka, Malagasi, Lozi, dll.

5. Agama Tradisional

Jenis ini merujuk pada praktek keagamaan yang secara turun temurun dipraktekkan di berbagai wilayah. Bisa berbentuk penghormatan leluhur, praktek perdukunan, keyakinan suatu etnis atau suku tertentu yang seringkali keyakinan formal ataupun teks-teks suci. Contoh dalam jenis agama ini adalah Konfusiusisme, Taoisme, Shinbutsu-Shugo, Modekngei, Agama Asli Amerika, Agama Asli Aborigin, dll

6. Agama Baru

Agama baru adalah agama yang berkembang muncul pada zaman-zaman modern ini. Bisa merupakan hasil buatan manusia, juga bisa merupakan keluaran dari agama-agama yang sudah ada. Misal Scientology, Raelianisme, Unitarian Universalisme, Noahidisme, Cao Đài, Shinshūkyō, dll

Itulah penjelasan jenis agama menurut asal-usulnya. Kebanyakan agama-agama yang besar memiliki kitab suci yang diyakini merupakan isi ajaran dari Sang Pencipta. Ada juga agama-agama yang nyata-nyata merupakan bentukan dari manusia.