Media Tanam Cocopeat Dan Sekam Bakar

Apa kabar teman-teman sekalian jumpa lagi dengan aku yang akan menjelaskan tentang artikel yang berjudul media tanam cocopeat dan sekam bakar.

Media Tanam Cocopeat Dan Sekam Bakar

Media Tanam Cocopeat Dan Sekam Bakar

Pengaplikasian Cocopeat Dan Serkam Bakar

Pengaplikasian media tanam cocopeat dan serkam bakar ini untuk tanaman tentu akan menjadikanya tanaman yang pertumbuhannya dan perkembangan bagus.

Karena Cocopeat dan serkam bakar memiliki begitu banyak manfaat untuk memenuhi nutrisi pada tumbuhan.Cara pengaplikasian media tanam cocopeat dan serkam bakar
Pertama tama kita bisa untuk membeli bahan baku untuk menanam tanaman mengunakan metode aplikasi dari cocopeat dan serkam bakar.

Langkah selanjutnya kita setelah membeli bahan yaitu kita langsung bisa dapat untuk mengisi wadah pot dengan cara menaruh kerikil pada dasar wadah pot.

Kemudian kita masukkan campuran cocopeat dan serkam bakar sedikit dulu selanjutnya kita tanam dari tanaman ke pot lalu isi kembali wadah pot dengan campuran cocopeat dan serkam bakar secukupnya.

Selanjutnya kita bisa untuk menyiram tanaman dan jangan lupa untuk jangan terlalu sering menyiramnya karena cocopeat ini memiliki sifat yang menyimpan air.

Cocopeat

Cocopeat merupakan media tanam yang terbuat dari olahan sabut kelapa yang diolah menggunakan mesin pengolah sabut kelapa menjadi bahan pengganti tanah yang juga kaya akan kalium sehingga dapat untuk menyuburkan tanaman.

Serkam Bakar

Media Tanam Cocopeat Dan Sekam Bakar

Serkam Bakar yaitu limbah yang pada dasarnya dihasilkan oleh kulit padi yang sudah digrongso dan menjadi gosong ini mampu untuk menambahkan ungsur hara agar tanaman nutrisinya tercukupi.

Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman

1. Teksturnya cocopeat yang mirip tanah

Bentuk dan tekstur Cocopeat yaitu seperti tanah dan butirannya yang halus membuat tanaman kita dapat untuk beradaptasi dengan baik seperti halnya jika ditanam pada tanah.

Perbedaan Cocopeat dengan media tanam tanah hanya terdapat pada kandungan nutrisinya dimana Cocopeat tidak mengandung unsure hara yang dimiliki oleh tanah.Oleh sebab itu untuk menanam tumbuhan dengan Cocopeat, tanaman tidak hanya disiram air melainkan juga harus kita gunakan campuran larutan nutrisi.

2. Cocopeat yang dapat menyerap air

Cocopeat merupakan media tanam yang memiliki daya serap air yang lebihlebih t dan dapat menyimpan air dalam jumlah yang begitu lebih banyak daripada yang ditampung oleh tanah.

Cocopeat dapat untuk kita menyimpan dan mempertahankan air 10 kali lebih baik dari tanah dan hal ini begitu sangat baik tentunya bagi tanaman yang akan tumbuh dengan sistem hidroponik. Karena dapat menjaga kadar air dengan baik, akar tanaman tidak mudah kering dan dapat terhidrasi dengan baik di media tanam cocopeat ini.

3. Ramah terhadap lingkungan

Karena terbuat dari bahan organik sabut kelapa, Cocopeat sangat ramah lingkungan dan juga dapat terdegradasi dalam tanah sangat baik jika sudah tidak kita gunakan.
Selain itu Cocopeat juga dapat kita daur ulang kembali menjadi media tanam yang baru tentunya dengan beberapa proses tertentu.

4. Cocopeat lebih tahan hama

Beberapa jenis dari serangas hama yang berasal dari tanah tidak suka berada dalam Cocopeat dan hal ini tentunya bisa melindungi tanaman kita dengan lebih baik dan menjaganya dari serangan hama perusak tanaman.

5. Lebih mudah untuk pemula

Menanam tanaman dengan Cocopeat sangat dianjurkan bagi kita yang baru mulai akan belajar menanam tanaman secara metode hidroponik. Cocopeat mudah untuk kita gunakan saat pertama kali menanam karena bentuk dan teksturnya yang seperti tanah.

itulah manfaat dari cocopeat kelapa yang diolah menggunakan mesin pengolahsabut kelapa menjadi cocopeat sangat berguna bukan untuk kalian melakukan cocok tanam dirumah?

Manfaat Serkam Bakar Untuk Tanaman

1. Meningkatkan ungsur hara

Setiap sekam bakar begitu mempunyai banyak pori-pori yang bentuknya sangatlah besar namun tetap ringan.
Penggunaan pori-pori ini sangatlah baik untuk kita gunakan sebagai alat pengikat serta guna untuk menyerap unsur hara. Ketika unsur hara sudah mampu untuk diserap secara sangat baik, maka ketika disiram tidak larut.
Kandungan unsur hara pada sekam padi ini sebaiknya kita campur dengan pupuk buatan lainya agar nutrisinya semakin meningkat.

2. Memperbaiki tingkat keasaman tanah

Manfaat penggunaan sekam bakar untuk kita juga dapat memperbaiki tingkat keasaman pada tanah loh teman.
Sedangkan tanah yang baik untuk kita jadikan media tanam berkembang yaitu memiliki sifat netral.

Sekam bakar juga memiliki nilai pH yang sangat cukup tinggi sekitar 8,5 sampai dengan 9.0. Tentu hal ini sangat cocok untuk kita gunakan di tanah yang bersifat asam untuk meningkatkan pH tanah tersebut.
Selain itu kandungan silika yang terdapat pada sekam bakar juga akan meningkatkan daun, sehingga daun-daun akan menjadi lebih tegak dan menyegarkan tanaman itu sendiri.

3. Mengisolasi penyakit dan racun

Pada dasarnya hama dan penyakit pada tanaman membuat pertumbuhan serta perkembangan tanaman tidak begitu maksimal.Biasanya penyebab suatu tanaman memiliki penyakit yaitu disebabkan oleh mikroorganisme berupa virus, bakteri dan jamur penganggu tumbuh kembang tanaman.

Tumbuhan yang terserang penyakit dari jamur dan bakteri tentu akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan dan perkembangannya.Pemberian sekam bakar pun mampu mengisolasi penyakit dan menyerap racun pada tanaman yang kita tanam. Dengan begitu, sekam bakar bermanfaat sebagai absorban dalam beberapa mikroba patogen.

4. Mengatasi tanah yang rusak

Tanah yang mengandung beberapa unsur hara, air dan bahan pendukung lain mampu untuk kita manfaatkan untuk pertumbuhan tanaman.Namun kondisi tanah yang memiliki potensi kerusakan, sehingga perlu sekali untuk kita jaga untuk mempertahankan kesuburannya.

Sedangkan sebagai lainyal berupaya untuk memperbaiki kerusakan pada tanah, hal ini dapat kita atasi dengan mempersembahkan sekam bakar.Manfaat sekam bakar kita sangat berguna untuk mengatasi tanah kita yang rusak karena terkontaminasi dengan bahan kimia.

Bukankah sangat baik untuk kita gunakan dengan manfaat yang begitu membuat tanaman kita subur ini, tentu bahan bahan ini sunggu mudah kita dapatkan di pasaran ataupun kita pesan lewat fia online

Demikianlah penjelasan yang dapat aku sampaikan mengenai artikel yang berjudul media tanam cocopeat dan serkam bakar bila ada salah kata aku mohon maaf,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.