Makanan Recommended Jawa Timur yang Harus Kamu Coba

Halo sobat semua, pada artikel ini mimin bakal bagikan pengalaman mimin tentang makanan recommended jawa timur yang harus sobat ketahui dan sobat coba nih. Makanan ini semuanya merupakan makanan yang berasal dari jawa timur, sehingga memilki cita rasa unik khas jawa timur.  Rasanya enak sekali sob, mimin udah coba sendiri loh.

Seperti yang diminta pada artikel ini bakalan membahas mengenai makanan yang rekomended asal Jawa timur. Jawa Timur terkenal akan masakan yang sedikit bercitarasa lebih pedas dan asin. Meski demikian tidak menutup kemungkinan makanan khas Jawa timur yang manis pun juga banyak. Oleh karena itu sebaiknya sempat simak dengan baik nih artikelnya karena sangat seru pembahasan yang satu ini

Jawa timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang tepatnya terletak di sebelah timur pulau Jawa. Jawa timur berbatasan dengan pulau Bali dan provinsi Bali di sebelah timur, Serta berbatasan dengan provinsi Jawa tengah di sebelah barat. Di provinsi Jawa timur ada suatu kota yang juga merupakan ibukota dari provinsi Jawa timur, kota tersebut bernama Surabaya.

Jawa timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang tepatnya terletak di sebelah timur pulau Jawa. Jawa timur berbatasan dengan pulau Bali dan provinsi Bali di sebelah timur, Serta berbatasan dengan provinsi Jawa tengah di sebelah barat. Di provinsi Jawa timur ada suatu kota yang juga merupakan ibukota dari provinsi Jawa timur, kota tersebut bernama Surabaya.

 

Makanan Recommended Jawa Timur

Tidak hanya budaya nya saja yang beragam, tapi juga dari seni kuliner dan cita rasa masakan yang beragam. Di setiap kota, hampir semua kota menyediakan makanan khasnya masing-masing sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing. Oleh karena itu, Jawa Timur merupakan provinsi yang sangat damai dan rukun dengan keanekaragaman yang luar biasa.

Jawa timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keberagaman yang luar biasa. Di Jawa timur terdapat sekitar sembilan hingga 10 suku bangsa yang berbeda. Di Jawa timur juga terdapat berbagai bahasa yang berbeda beda pula. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan bahwa budaya yang ada di Jawa timur ini sangat kaya dan beragam.

Bukan hanya budayanya saja yang beragam, namun juga mulai dari seni makanan dan Citarasa kulinernya yang beragam. Di setiap kota hampir semua kota memiliki makanan khas nya masing masing dan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut masing masing. Oleh karena itu provinsi Jawa timur merupakan provinsi yang memiliki keberagaman yang luar biasa dan memiliki Kerukunan yang sangat tentram

Berikut ini adalah beberapa makanan yang recommended yang berasal dari Provinsi Jawa Timur :

1. Lontong Kupang dan Sate Kerang Khas Kabupaten Sidoarjo

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Jawa Timur ini? Ya, lontong kupang adalah makanan khas Jawa Timur khususnya dari daerah Sidoarjo. Rasanya yang memikat membuat siapa pun penasaran untuk mencobanya.
Bahan utama pembuatan lontong kupang adalah kerang putih yaitu dengan ukuran kurang dari 1 cm atau ukuran bulir beras. Kupang hanya terdapat di pesisir timur Jawa Timur, khususnya di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan, sehingga jenis masakan ini menjadi ciri utama kuliner di wilayah Jawa Timur. Beberapa restoran mengukus kerang dan kupang menggunakan steamer makanan yang dianggap memberikan sajian yang lebih higenis.

2. Soto Lamongan khas Kabupaten Lamongan

Kaldu ayam kuning dari Lamongan ini enak dan bikin ketagihan. Resep asli soto lamongan berikut ini bisa anda gunakan untuk membuat resep sendiri. Lamongan merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur. Daerah ini terkenal dengan soto lamongan yang menggunakan bahan utama ayam lokal. Sekarang sudah dikenal luas di berbagai daerah di luar Jawa Timur.
Soto Lamongan ini selalu dimakan dengan bubuk kuning jingga (disebut koya kerupuk udang). Terbuat dari kerupuk udang yang dihaluskan. Inilah kenapa kuah soto lamongan akan menjadi sedikit kental dan nikmat setelah dicampur dengan Koya.
Sayur yang digunakan sebagai isian kuah ini bukanlah tauge, melainkan soto yang diberi dengan irisan tipis daun kol. Dengan irisan tomat dan daun bawang, rasa renyahnya sangat segar. Belum lagi bawang goreng, kecap manis, air jeruk nipis, dan sambal.

3. Rawon Khas  Kota Surabaya

Rawon adalah salah satu makanan paling populer di Surabaya, Jawa Timur. Saus kuah hitam menjadi ciri khas dari sajian ini. Rawon tidak hanya terkenal di dalam negeri, tapi kelezatan khas Indonesia ini juga terkenal hingga ke mancanegara. Rawon hitam diperoleh dari satu bahan (yaitu kluwek). Setelah dicampurkan, warnanya menjadi hitam, namun memiliki rasa yang unik dan lezat.
Meski dikenal sebagai sajian khas Jawa Timur, rawon juga cukup dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah bagian timur, khususnya masyarakat Surakarta. Sejarah rawon memang belum banyak dibicarakan, namun banyak orang percaya bahwa rawon adalah makanan raja-raja kuno dan berasal dari rakyat jelata. Kini, rawon sudah menjadi makanan favorit banyak orang bahkan mancanegara.
Rawon dikenal dengan sajian dagingnya yang sangat unik. Biasanya dagingnya dipotong menggunakan mesin pemotong daging yang bisa memotongnya dengan cepat dan tepat.

4. Rujak Cingur Khas Makanan Recommended Jawa Timur

Rujak Cingur (Rujak Cingur) merupakan makanan tradisional yang dibuat dari campuran berbagai bahan, seperti mentimun, jahe, kangkung, nanas, dll. Makanan ini kaya akan banyak bahan, karena terdapat beberapa sayuran, buah-buahan dan bahan lainnya. Rujak cingur ini merupakan salah satu makanan tradisional paling terkenal di Jawa Timur (khususnya Surabaya).
Rujak Cingur merupakan salah satu makanan tradisional khas Surabaya, Jawa Timur. Nama rujak cingur sendiri diambil dari nama bahan dasar yang digunakan yaitu “rujak” dan “cingur”. Rujak adalah campuran buah dan sayur dengan sambal. Sedangkan Cingur sendiri mengacu pada irisan tipis mulut atau moncong daging sapi yang dimasak dan dicampur ke dalam masakan. Oleh karena itu, rujak cingur ini merupakan perpaduan antara sayur mayur, buah-buahan dan cingur, diolah menjadi sajian dengan cita rasa yang unik.

5. Lontong Balap Khas Surabaya

Rasa lontong balap sangat menyegarkan, memadukan rasa manis, asin, dan asin. Saus balap bening longtong tanpa santan. Karenanya, terasa sangat ringan dan akan membuat Anda merasa sangat dimanjakan selera
Setiap penjual lontong balap memiliki ciri khasnya masing-masing. Tergantung bumbu, saus dan bumbu. Tidak hanya lentho bahan yang paling penting, tetapi juga sangat beragam.
Lentho terbuat dari kacang-kacangan dan bisa direndam semalaman, lalu dicuci dan dihaluskan. Setelah itu, bumbui lentil dengan garam, kencur, daun jeruk, bawang putih, bawang merah dan ketumbar.
Lontong Balap adalah makanan tradisional yang berisi berbagai macam bahan seperti lontong, tauge, tahu goreng, lentho, dan lain-lain, yang kemudian diaduk menjadi satu dan ditambahkan saus khusus. Jenis makanan ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Jawa Timur. Salah satunya ada di Surabaya, menjadikan makanan ini salah satu makanan khas disana. Selain memiliki nama yang unik, Lontong Balap juga memiliki cita rasa yang unik sehingga sangat digemari oleh masyarakat dan wisatawan di daerah tersebut.