Jenis – Jenis Buah Kelapa

Banyak macam – macam kelapa yang tumbuh di negara Indonesia. Buah kelapa memang banyak manfaat bagi kehidupan kita. Mungkin kalian ada yang belum melihat jenis – jenis kelapa apa saja yang diukur di pasaran. Yuk kita simak bersama!

Jenis – Jenis Buah Kelapa

1. Kelapa Hijau

Salah satu jenis yang sering kita lihat di pesisir pantai adalah jenis kelapa hijau (Cocos Viridis), termasuk dalam golongan kelapa dalam. Secara fisik pohon kelapa ini memiliki buah berwarna hijau dan ukurannya relatif besar di samping itu, batangnya berukuran besar dan tinggi.

2. Kelapa Kopyor
Dalam beberapa tahun ini, salah satu kelapa yang populer adalah kelapa kopyor. Kelapa yang satu ini pada walnya respon kelapa yang memiliki kelainan genetika. Namun, buah kelapa kopyor memiliki keunggulan dan keunikan dibandingkan buah kelapa lainnya karena dagingnya berisi lebih banyak, remah, mudah lepas, serta memiliki rasa gurih.

Karena isi buahnya yang terbilang aneh, buah kelapa kopyor kini banyak diburu masyarakat karena rasanya yang gurih. Secara harga, satu butir kelapa kopyor dapat mencapai 4 – 5 kali lipat dibandingkan harga kelapa biasa.

Selain itu di budidayakan secara alami, untuk menghasilkan kelapa kopyor yang banyak dari pohonnya, para ilmuwan pertanian menerapkan metode kultur jaringan sehingga dalam satu pohon bisa menghasilkan 80-90% kelapa kopyor.

3. Kelapa Genjah Entok

Lain halnya dengan jenis kelapa lainnya, sesuai dengan nama kelapa genjah, termasuk jenis kelapa yang sangat produktif karena bisa menghasilkan banyak buah dalam satu pohon. Beberapa perbedaannya dibandingkan jenis kelapa lainnya, yaitu buah kelapa genjah entok berukuran lebih besar, berdaging tebal dan memiliki beberapa warna, yaitu hijau muda dan kuning gading.

Dari strukturnya, pohon kelapa Genjah Entok memiliki postur yang relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis kelapa lainnya (sama dengan kelapa kopyor kultur jaringan, postur pohonnya memiliki tinggi yang relatif pendek). Tinggi rata-rata batang pohon kelapa genjah hanya berkisar antara 3-4 meter.

4. Kelapa Gading

Kelapa Gading atau dalam nama latin Cocos Nucifera Varietes Eburnea, merupakan pohon yang dikenal sebagai pohon kelapa yang paling cepat berbuah dibandingkan pohon kelapa lainnya sehingga menjadi ciri khas kelapa gading.

Selain di budidayakan untuk diambil buahnya, kelapa gading dapat pula dijadikan tanaman hias. Namun, perlu diingat pohon ini hanya cocok ditanam di dataran tinggi atau pegunungan atau daerah yang memiliki banyak sumber udara, karena kelapa gading membutuhkan banyak udara dibandingkan jenis kelapa lainnya.

5. Kelapa Pandan Wangi

Tidak hanya beras pandan wangi, kelapa pun ada yang berjenis kelapa pandan wangi. Bibit kelapa ini awalnya merupakan varietas kelapa genjah yang berasal dari negeri gajah putih Thailand. Ciri khas kelapa pandan wangi terasa dari udara kelapanya yang manis dan beraroma wangi.

Secara postur pohon kelapa pandan wangi memiliki tinggi pendek sekitar 2 meter saja. Untuk ukuran buahnya relatif kecil, tetapi kandungan air kelapanya bisa mencapai 330 ml per butir.

6. Kelapa Wulung

Nama kelapa ini memang unik, perbedaan yang cukup mencolok kelapa wulung dibandingkan kelapa lainnya yakni dari segi warnanya yang hijau muda dan ketika buah kelapa ini dikupas maka akan terlihat kulit buah bagian dalam berwarna merah muda agak keungu-unguan. Cukup menarik bukan?

7. Kelapa Merah

Dari sisi warna, selain Kelapa Wulung, Kelapa merah (cocos rubecens) juga memiliki kulit buah berwarna coklat atau kemerahan. Jenis kelapa merah ini memiliki pohon dengan ukuran yang cukup besar dan juga tinggi. Buahnya berukuran besar serta memiliki bentuk yang bulat. Salah satu kelebihannya dengan memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi.

8. Kelapa Hibrida

Kelapa hibrida merupakan jenis bibit kelapa hasil persilangan antara kelapa genjah dan kelapa dalam. Secara umum kelapa hibrida mulai berbuah saat pohon berumur 4 – 5 tahun.

Ciri khas buah ini memiliki daging kelapa yang tebal, agak keras serta memiliki kandungan minyak yang tinggi. Dalam 1 Ha, kelapa hibrida bisa menghasilkan buah kelapa 6 – 7 ton, satu pohon menghasilkan sekitar 140 butir.

 

Demikian pembahasan tentang macam kelapa ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu kalian semua. Sekian Terima Kasih.