Hari Kiamat : Pengertian, Jenis-Jenis dan Tanda-Tanda

Apa itu hari penghakiman? Islam mengajarkan umatnya jika pada waktu yang ditentukan oleh Allah SWT, sifat ini akan dihancurkan bersama dengan semua makhluk hidup di dunia ini. Kapan dunia ini akan dihancurkan dan semua makhluk mati? Ini adalah rahasia Allah. dan tidak ada yang tahu itu, termasuk Rasulullah. dari Rasulullah. masih hidup, banyak orang bertanya kapan kehancuran alam semesta. Pertanyaan mereka diabadikan oleh Allah. dalam kata-katanya yang berarti:

Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari kiamat, kapan itu akan terjadi? Katakan, sebenarnya, pengetahuan tentang kebangkitan ada di Tuhanku, … (Q. S. al-Araf: 187).

Hari Penghakiman adalah salah satu pilar iman. setiap muslim diwajibkan untuk mempercayainya. Kedatangan takdir adalah keadaan yang tak terlihat. Hanya Allah. Mahatahu.

Definisi Hari Kiamat

Dilansir dari gurusekolah Iman di akhir jaman atau penghakiman adalah untuk percaya bahwa semua alam, termasuk dunia dan semua yang ada di dalamnya, akan menderita kehancuran. Hari terakhir ditandai dengan bunyi trompet malaikat Israfil. dia menjelaskan bahwa pada hari itu bumi, lautan dan benda-benda di langit bergerak untuk membalikkan semua yang ada di dalamnya. benda-benda di langit beroperasi tanpa kendali. bintang, planet, dan bulan yang tersebar.

Semua manusia khawatir. Mereka berlari bubar dan tidak semua yang mereka tahu tentang keluarga mereka. Semua orang ingin melindungi diri mereka sendiri, tetapi pada akhirnya semua orang mati, hancur dan menghadapi yang ilahi. manusia tidak hanya mati, tetapi semua tanaman hewan, bakteri, kuman, virus, gen dan setan juga mati. Tuhan itu hebat untuk semua kekuatannya.

Jenis kiamat

Kiamat Sugra
Kiamat Sugra adalah kiamat kecil, yaitu akhir dari kehidupan setiap manusia yang hidup. setiap makhluk hidup pasti akan hidup mati. Hewan akan mati setelah hidup mereka berakhir. Tanaman juga akan mengalami situasi serupa. jadi itu adalah manusia. Situasi ini diceritakan oleh Allah swt. dalam Al-Quran Surah Ali Imran menuju 185 yang artinya

Setiap jiwa akan merasa mati. dan hanya pada Hari Kebangkitanlah jawaban Anda diberikan dengan sempurna. Siapa pun yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke surga, sungguh, akan menang. Hidup di dunia hanyalah kesenangan yang menipu. (Q. S. Ali Imran atau 3: 185)

Kematian adalah pemisahan jiwa dari tubuh. negara diciptakan oleh Tuhan Yang Mahakuasa. untuk memahami yang mana dari manusia adalah praktik terbaik. Karena itu, kematian bukanlah akhir dari segalanya. Kematian sebaliknya menjadi awal dari kehidupan baru dan abadi.

Dua kelas manusia adalah Barzakh alami, yaitu kelompok yang mendapat kesenangan dan kesenangan dari Allah SWT. dan mereka yang mencapai murka Allah SWT.

Mereka yang mencintai kesenangan dan kesenangan Allah. adalah sekelompok orang percaya dan orang yang berbakti. akan dapat menanggapi dengan baik semua pertanyaan yang ingin ditanyakan oleh Angel Munkar dan Angel Nakir tanpa rasa takut dan gemetar. karenanya, Allah SWT. tunjukkan padanya salah satu gerbang surga tempat ia tinggal nanti penuh dengan sukacita dan kesenangan.

Mereka yang mendapat murka Allah. adalah sekelompok orang kafir. dia mendengar pertanyaan Angel Munkar dan Angel Nakir, tetapi tidak bisa menjawab. lalu Allah SWT. menunjukkan padanya salah satu gerbang neraka dengan berbagai jenis siksaan.

Tanda-tanda hari kiamat

Tanda-tanda Hari Penghakiman dijelaskan oleh Rasulullah. dalam addit yang diriwayatkan oleh Ibn Abi Syaibah, al-Bukhari, Muslim dan at-Tarmizi. Tanda-tanda takdir adalah sebagai berikut.

untuk. Tanda-tanda kecil hari penghakiman

Budak menikah dengan tuannya
Teologi tidak lagi dianggap penting
Penyebaran perzinaan karena mendapatkan otorisasi dari pihak berwenang
Minuman keras yang merajalela
Ada lebih banyak wanita daripada pria dalam rasio 50: 1
Ada dua kelompok besar yang saling bunuh, tetapi keduanya mengklaim berjuang untuk Islam
Kelahiran Dajal (berbohong) yang mengaku sebagai utusan Allah SWT. Dan banyak yang berbohong dan menipu dan berpikir bahwa sesuatu yang baik itu buruk atau mereka menggambarkan sesuatu yang tidak baik dengan gambar yang menawan
Banyak gempa bumi terjadi
Fitnah ada di mana-mana
Pembunuhan itu merajalela
Banyak orang yang ingin mati

Sumber : majalahpendidikan.com