Domba Aqiqah Cimahi yang Baik itu Yang Bagaimana Sih?

Domba Aqiqah Cimahi – Bagi orang awam, memilih domba aqiqah itu bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi ketika di pasar domba dan menemukan banyak domba, maka akan semakin mempersulit domba mana yang sudah memenuhi syarat sebagai hewan aqiqah itu. Memang lebih amannya anda harus mempelajari dulu kriteria hewan yang memenuhi syarat aqiqah itu seperti apa.

Lebih amannya, anda juga mengajak orang yang paham tentang domba untuk memilihkan domba aqiqah yang sesuai dengan kebutuhan anda. memilih domba aqiqah memang harus cermat, karena sah atau tidaknya aqiqah itu bergantung pada domba yang akan disembelih. Jika mendapatkan domba aqiqah cacat, maka aqiqahnya pun juga tidak akan berterima.

Nah, atas dasar itulah, muncul pertanyaan domba aqiqah Cimahi yang memenuhi syarat itu yang bagaimana sih? Untuk lebih jelasnya simak ulasananya sebagai berikut.

Syarat Syar’i Domba Aqiqah Cimahi

Supaya ibadah aqiqah anda sempurna, maka domba aqiqah yang digunakan pun harus memenuhi syarat syar’i dan pastinya sehat. mungkin banyak orang yang belum tahu seperti apa sih domba aqiqah Cimahi yang dianjurkan itu? Berikut kriterianya.

1.    Cukup Umur

Syarat domba aqiqah yang pertama ialah cukup umur. Ini syarat mutlak domba aqiqah. Pastikan anda memilih domba yang umurnya sudah memenuhi syarat. Berapa minimal umur domba aqiqah? Sebenarnya tidak ada Patokan pasti, ada yang mengatakan minimal 1 tahun bahkan ada yang berpendapat minimal berumur 1 satu tahun.

Untuk pastinya memang dianjurkan mengecek gigi domba, jika gigi susunya sudah berganti dengan gigi besar, minimal berjumlah 2 buah, maka sudah dikategorikan domba aqiqah yang sudah cukup umur.

Pastikan anda membeli di pusat Domba aqiqah Cimahi yang sudah berpengalaman dan terpercaya sehingga anda akan langsung ditujukan kepada domba yang cukup umur dengan ditunjukkan buktinya secara langsung.

2.    Tidak Cacat

Selain cukup umur, pastikan anda juga memilih domba aqiqah yang tidak cacat. Cacat atau tidaknya domba ini terkadang bisa terlihat langsung dari fisiknya misalnya, ada bagian tubuh yang terpotong, mata juling dan yang lainnya.

Tentu kalau kecacatan fisik kita bisa melihat, bagaimana jika cacat itu tidak terlihat?  Itulah mengapa kita harus benar-benar cermat dalam memilih domba. Amannya memang, anda membeli domba di pusat penjualan domba yang amanah

3.    Diutamakan Ciri Fisik Bagus

Ciri fisik diantaranya ialah ukuran yang minimal standard, baik panjang maupun kegemukannya. Gerakan domba yang lincah serta mata yang awas. Memang diutakaman juga memilih domba yang mempunyai ukuran badan yang gemuk.

4.    Boleh Domba Jantan Atau Betina

Aqiqah berbeda dengan Kurban yang mengharuskan menyembelih domba jantan. Untuk aqiqah ini boleh menggunakan domba jantan maupun domba betina. Mau menyembelih domba yang mana itu kembali pada kebutuhan anda masing-masing.

Sementara itu, jumlah domba yang dianjurkan untuk disembelih untuk anak laki-laki ialah dua ekor domba sementara anak perempuan seekor domba. Namun ketika tidak bisa 2 ekor, menyembelih 1 ekor domba untuk bayi laki-laki pun juga tidak mengapa.

Itulah setidaknya 4 kriteria syarat domba aqiqah Cimahi yang bisa anda ketahui. Jika anda tidak ingin repot, datang saja ke pusat penjualan domba aqiqah yang terpercaya, in syaa Allah semua domba yang dijual sudah memenuhi syarat-syarat domba di atas. salah satunya bisa datang ke pusat penjualan domba Cimahi Bandung Assabiq Aqiqah.

Baca juga Aqiqah Bandung Enak