Syarat Tumbuh dan Cara Tanam Porang yang Benar

Cara tanam porang yang benar agar menghasilkan umbi yang besar dan berkualitas. Simak informasi berikut ini jika Anda ingin membudidayakan porang.

Tanaman porang atau biasa dikenal sebagai iles-iles ini biasanya dianggap masyarakat setempat sebagai makanan ular karena batangnya yang berwarna hijau dengan corak putih di atasnya.

Tanaman porang saat ini mulai digandrungi oleh para petani dan pebisnis. Tahukah Anda? ternyata, porang memiliki nilai jual yang sangat tinggi lho di pasar internaional. Bahkan, saat ini porang produksi Indonesia telah diekspor ke berbagai negara-negara besar di benua Asia dan Australia.

Alasan porang banyak diminati

1. Komoditas ekspor  dan harga yang tinggi

Salah satu penyebab kenaikan harga porang setiap tahunnya adalah karena tingginya permintaan umbi porang di pasar internasional. Belakangan ini, harga porang terus naik dari tahun ke tahun membuat banyak petani mendadak meraup untung besar.

Porang merupakan bahan baku produksi tepung yang telah diekspor ke berbagai negara, seperti Jepang, China, Taiwan, Australia, Vietnam, dan lain-lain.

2. Memiliki banyak manfaat

Glucomannan merupakan kandungan utama yang ada di dalam umbi porang dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Bila dikonsumsi, porang bisa membantu mengontrol berat badan, mengatasi peradangan, mengatasi sembelit,  membantu menyembuhkan luka, menurunkan kadar kolesterol, mengobati dan mencegah diabetes, mencegah munculnya kanker, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan kulit dan masih banyak lagi..

Selain digunakan sebagai bahan makanan, ternyata porang juga digunakan sebagai bahan baku industri. Porang biasanya digunakan untuk membuat Isolator Listrik, membuat produk penjernih air, mengentalkan es krim, bahan baku kosmetik, bahan baku lem, dan lain sebagainya.

3. Mudah untuk dibudidayakan

Budidaya porang sangat mudah asalkan Anda mengetahui cara budidaya porang yang benar. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam pada lahan terbuka dengan naungan pohon lain di atasnya.

Jika Anda memiliki lahan luas yang tidak digunakan, Anda bisa memanfaatkannya untuk membudidayakan porang.

Syarat tumbuh tanaman porang | Cara Tanam Porang yang Benar

Dalam budidaya tanaman porang, Anda perlu memperhatikan syarat-syarat tumbuh tanaman porang agar dapat berkembang dan tumbuh subur dengan lebih maksimal. Perhatikan syarat-syarat tumbuh tanaman porang berikut ini.

  1. Jenis dan pH Tanah. Tanaman porang dapat tumbuh subur pada jenis tanah lempung berpasir atau tanah gembur yang tidak tergenang air dengan keasaman tanah ideal di antara pH 6 sampai 7.
  2. Kondisi Lingkungan. Tanaman porang memiliki toleransi tempat teduh yang sangat tinggi. Oleh karena itu, porang membutuhkan naungan dari pohon lain dengan tingkat kerapatan naungan 40% hingga 60%. Naungan yang ideal bagi tanaman porang adalah pohon jati, mahoni, dan sono.
  3. Keadaan Iklim. Tanaman porang dapat tumbuh pada ketinggian 0-700 mdpl. Namun, pada ketinggian 100-600 mdpl dan dengan intensitas cahaya sebanyak 60% hingga 70%, tanaman porang dapat tumbuh lebih baik.

Cara tanam porang yang benar

1. Pembibitan

Tanaman porang bisa berkembangbiak dengan cara generatif maupun vegetatif. Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif terjadi melalui proses perkawinan atau penyerbukan. Biasanya dalam 4 tahun tanaman Porang akan berbunga dan menghasilkan biji. Biji-biji tersebut kemudian harus disimpan terlebih dahulu sebelum tahap penanaman.

Sedangkan perkembangbiakan vegetatif yaitu proses perkembangbiakan tumbuhan menggunakan bagian-bagian induknya. Perkembangbiakan vegetatif pada tanaman porang yaitu dari umbi, dan umbi katak/bubil.

Benih tanaman porang yang digunakan untuk pembudidayaan harus berasal dari biji, umbi dan bubil yang sehat. Bibit porang hanya ditanam satu kali. Setelah tiga tahun, porang dapat dipanen tanpa perlu dilakukan penanaman kembali.

Banyaknya bibit porang yang dibutuhkan dalam 1 hektar lahan tergantung dengan jenis benih yang Anda digunakan. Dengan jarak tanam 50 cm dan presentase benih porang tumbuh di atas 90%, Anda membutuhkan kurang lebih 1500 kg umbi ataupun 300 kg biji.

2. Persiapan

Cara Tanam Porang yang Benar

Lahan Tanam

Tahap pertama bubidaya porang yaitu menyiapkan lahan tanam. Pastikan lahan tanam porang bebas dari rumput-rumput liar atau gulma. Gulma dapat mengganggu pertumbuhan pada tanaman porang. Pembersihan gulma dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan bahan kimia.

Pembersihan gulma secara manual yaitu dengan cara mencabuti rumput dengan tangan atau menggunakan pisau sabit. Sementara itu, pembersihan gulma dengan menggunakan bahan kimia dilakukan dengan menyemprotkan larutan herbisida. Gulma akan mati dengan sendirinya hingga ke akar.

Gulma ini kemudian dikumpulkan menjadi satu lalu dikubur di dalam tanah agar cepat membusuk dan dapat menjadi pupuk kompos.

3. Penanaman | Cara Tanam Porang yang Benar

Cara Tanam Porang yang Benar

Bibit Tanaman Porang

Setelah lahan tanam dibersihkan, buatlah guludan dan lubang tanam berukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm dengan jarak sekitar 1 meter x 1 meter. Beri campuran pupuk kompos dan sekam pada setiap lubang tanam.

Masukkan bibit yang telah disiapkan ke lubang tanam satu per satu dengan bakal tunas menghadap ke atas. Kemudian tutup lubang tanam menggunakan tanah setebal 3 cm.

Porang dapat langsung ditanam jika menggunakan umbi. Namun jika penanaman menggunakan biji, maka perlu disemai terlebih dahulu dalam polybag.

Proses penanaman porang sebaiknya di lakukan saat musim penghujan atau sekitar bulan november hingga desember.

4. Perawatan

Cara Tanam Porang yang Benar

Tanaman Porang Dewasa

Perawatan tanaman porang cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan tahap-tahapan seperti berikut ini:

  • Pembersihan Gulma

Pada musim penghujan, gulma akan tumbuh lebat. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pembersihan gulma. Pastikan tidak ada gulma yang tumbuh di sekitar tanaman Porang karena dapat mengganggu dan menghambat pertumbuhan tporang.

  • Peninggian Guludan

Tahapan ini bertujuan untuk menjaga agar tanaman porang tetap tegak dan umbi dapat berkembang lebih besar. Peninggian guludan dilakukan dengan menimbun pangkal batang porang dengan tanah di sekitarnya sehingga guludan tanah semakin tinggi.

Tahap pemupukan yang pertama dilakukan sebelum tahap penanaman yaitu dengan menggunakan campuran pupuk kompos dan sekam yang dimasukkan pada setiap lubang tanam.

Sementara itu, pemupukan kedua dilakukan saat tanaman porang sudah mulai tumbuh dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk anorganik NPK/TSP.

  • Penjarangan

Perhatikan juga jarak antar tanaman porang. Pada 1 tanaman porang, dapat menghasilkan tunas batang baru sekitar 3-4 batang. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses penjarangan agar umbi porang dapat tumbuh lebih besar.

5. Panen | Cara Tanam Porang yang Benar

Cara Tanam Porang yang Benar

Umbi Porang

Porang dapat dipanen setelah berumur 7 bulan jika ditanam dengan menggunakan umbi. Namun jika menggunakan biji, porang dapat dipanen setelah berumur sekitar 18 hingga 24 bulan.Cara memanen umbi porang sama dengan cara memanen tanaman umbi-umbian pada umumnya.

Demikian informasi mengenai syarat tumbuh tanaman porang serta bagaimana cara tanam porang yang benar agar menghasilkan umbi yang besar dan berkualitas. Selamat mencoba^^ Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di sini.