Cara Setting Jam Tangan Casio (Panduan Bahasa Indonesia)

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana menyesuaikan waktu dan tanggal pada jam tangan Casio baru Anda, tidak perlu mencari lagi – kami siap membantu. Artikel ini hanya ditata untuk membantu Anda mengatur waktu dan tanggal pada jam tangan Casio baru Anda.

Kami telah memecah panduan berguna ini untuk menunjukkan kepada Anda cara mengubah waktu pada jam tangan Anda tergantung pada jenis jam tangan Casio yang Anda miliki. Silakan lewati bagian yang diminta.

Jam Tangan Casio Digital

Sebagian besar jam tangan digital Casio hadir dengan 3 atau 4 tombol di sekeliling bezel. Anda kemungkinan besar harus menekan tombol MODE untuk mengatur tanggal atau waktu.

Harap perhatikan bahwa sebagian besar jam tangan digital Casio memiliki preset dengan berbagai kode kota yang mewakili zona waktu Anda berada. Sebelum mengatur waktu, pastikan Anda telah memilih Kota Asal yang benar – biasanya ibu kota dari lokasi Anda berada.

Pergi melalui mode dengan menekan tombol MODE dan pilih Mode Pencatatan Waktu untuk melihat dan mengubah tanggal dan waktu. Anda juga dapat mengatur jam tangan secara manual dengan menekan lama tombol ADJUST hingga kode kota pada layar mulai berkedip. Gunakan tombol FORWARD dan REVERSE untuk mengatur waktu.

Setting Radio Kontrol

Anda tidak perlu mengatur waktu untuk jam tangan jenis ini. Jam tangan yang dikendalikan oleh radio selalu menampilkan waktu yang akurat tanpa perlu menyesuaikan kembali jam tangan, asalkan jam tersebut diatur ke zona waktu yang benar. Setelah Anda menyetel kota asal yang diinginkan pada jam tangan baru, pembaruan waktu diterima secara otomatis dalam semalam untuk akurasi ketepatan waktu yang luar biasa.

Jam Tangan Casio Tenaga Surya

Jam tangan bertenaga surya adalah jam tangan yang seluruhnya atau sebagian didukung oleh sinar matahari atau cahaya buatan. Untuk arloji bertenaga surya modern yang khas, 3 menit sinar matahari langsung atau 3,5 jam paparan cahaya buatan akan memberikan biaya 24 jam untuk arloji, meskipun ini bervariasi tergantung model.

Jam tangan Casio bertenaga surya dapat berupa jam tangan digital atau jam tangan analog. Ini diatur persis seperti rekan-rekan non-bertenaga surya, jadi silakan buka bagian yang relevan tergantung pada model Anda untuk mencari tahu lebih lanjut.

Jam Tangan Casio G-Shock

Jam tangan Casio G-Shock populer karena daya tahannya, beragam fitur, dan gaya ikonik.

Tekan tombol MODE untuk mengubah dari mode ke mode. Ini bervariasi sesuai dengan model arloji Anda, tetapi sebagian besar memiliki yang berikut: Pencatat Waktu, Stopwatch, Penghitung Waktu Mundur, Waktu Dunia, Alarm.
Sebelum mengatur tanggal dan waktu, Anda harus mengatur Kota Asal Anda (biasanya ibu kota negara tempat Anda tinggal). Tekan dan tahan tombol ADJUST selama sekitar 3 detik hingga kode kota berkedip. Tekan REVERSE atau FORWARD untuk beralih di antara kode kota. Kemudian, tekan MODE untuk beralih melalui pengaturan yang berbeda, seperti Kode Kota, Waktu Musim Panas (DST), Format 12/24 jam, Detik, Jam, Menit, Tahun, Hari, Bulan. Hari dalam seminggu harus ditampilkan secara otomatis sesuai dengan pengaturan tanggal. Untuk keluar dari mode pengaturan, tekan tombol ADJUST.

Arloji Anda mungkin berbeda dari yang diilustrasikan di atas, tetapi Mode dan beberapa bentuk tombol Sesuaikan masih harus ada di sana. Pengaturan ini akan berubah jika arloji Anda dikendalikan radio atau bertenaga surya.
Jika arloji Anda memiliki konektivitas Bluetooth, Anda dapat terhubung ke ponsel cerdas Anda. Waktu akan menyesuaikan secara otomatis.

Jam Tangan Casio Edifice

Arloji Casio Edifice adalah arloji analog. Beberapa dapat terhubung ke ponsel Anda melalui Bluetooth, dan jika mereka lakukan, waktu akan menyesuaikan secara otomatis.

Jika arloji Edifice Anda memiliki mahkota penarik, mudah untuk mengubah tanggal dan waktu. Untuk mengubah waktu, tarik mahkota dengan lembut untuk dua klik, lalu putar mahkota dan jarum menit dan jam akan menyesuaikan. Ketika arloji diset ke waktu yang tepat, tekan kembali kenop untuk melanjutkan ketepatan waktu.
Untuk mengubah tanggal, tarik mahkota keluar untuk satu klik lalu putar mahkota untuk mengubah tanggal yang disajikan pada arloji. Model ini menggunakan bulan 31 hari, jadi ubah tanggalnya.

Tip: Hindari mengubah pengaturan indikator hari antara jam 9 malam dan 1 pagi, jika tidak, indikator hari mungkin tidak berubah dengan benar di tengah malam.

Beberapa model Casio Edifice yang kedap air memiliki mahkota sekrup, yang memastikan kemampuan mereka untuk mengusir air. Putar mahkota ke arah Anda untuk melonggarkannya, lalu tarik dengan lembut ke arah luar. Setelah mengatur waktu, pastikan Anda memasang kembali mahkota dengan kencang, sehingga arloji tidak kehilangan daya tahan airnya.

Jam Tangan Casio Baby-G

Jam tangan Baby-G adalah padanan G-Shock untuk wanita, dengan tubuh yang lebih ringan dan beragam warna pastel dan warna-warna berani.

Sebelum mengatur waktu dan tanggal pada jam tangan Casio Baby-G Anda, Anda harus memilih Kota Asal yang benar dari daftar. Ini biasanya adalah ibu kota negara tempat Anda tinggal.

Tekan dan tahan tombol ADJUST / SET (atau tombol kiri atas – tergantung pada model Casio Baby-G yang Anda miliki) untuk masuk ke mode Pencatatan Waktu. Menekan logo G di bawah tombol (jika tersedia) menerangi itu sehingga lebih mudah untuk melihat layar dan mengubah pengaturan. Tekan tombol MODE / SELECT (atau kiri bawah) untuk membolak-balik mode arloji. Gunakan tombol di sebelah kanan untuk mengubah jam, menit, detik, hari, bulan, dan tahun. Tidak semua mode tersedia di semua jam tangan.