Ketahui Cara Service AC Sendiri di Rumah yang Mudah Dilakukan

Pendingin ruangan atau AC yang ada di rumah perlu dibersihkan secara rutin agar tidak cepat rusak. Pembersihan AC secara rutin juga dapat mengurangi debu, jamur, dan bakteri yang menempel pada AC. Anda bisa melakukan perawatan AC sendiri. Ada beberapa cara service AC sendiri yang bisa digunakan.

Cara tersebut bisa diaplikasikan untuk membersihkan AC yang ada di rumah. Sehingga tidak perlu menggunakan jasa service AC. Budget yang dikeluarkan untuk jasa service AC bisa diminimalisir dan digunakan untuk yang lain.

baca juga service ac pekanbaru

Cara Service AC Sendiri di Rumah

Unit AC memang diperlukan oleh setiap rumah. Pendingin ruangan membuat ruangan lebih nyaman karena suhu yang lebih dingin dan sejuk. Agar performa lebih baik, maka AC perlu dibersihkan. Cara servis AC sendiri di rumah bisa dilakukan dengan mudah.

Membersihkan AC dengan menggunakan jasa service AC bisa dibilang lebih efektif. Sebab, ditangani langsung oleh orang yang sudah ahli. Namun biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Akan lebih baik jika melakukan service AC sendiri. Berikut ini beberapa cara service AC sendiri di rumah.

  1. Bersihkan Bagian Outdoor

Bagian luar merupakan bagian pertama yang perlu dibersihkan. Sebab, bagian outdoor juga berfungsi untuk melindungi bagian dalam dari debu dan bakteri lain. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian luar AC.

Selanjutnya, lepaskan filter AC. Jika tidak ingin kesulitan dalam memasang, maka anda bisa menggunakan semprot air yang bertekanan. Sehingga anda tidak perlu melepas filter AC. Filter ini bisa dibersihkan menggunakan bahan kasa plastik yang lebih lembut.

kunjungi juga website riau home cleaning

  1. Bersihkan Bagian Indoor

Cara service AC sendiri di rumah yang selanjutnya adalah membersihkan bagian indoor. Pastikan bahwa sambungan kabel listrik telah terlepas. Sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan pada sambungan listrik.

  1. Bersihkan Secara Rutin

Hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah membersihkan secara rutin. Cara service AC rumah sendiri memang membuat pengguna lebih leluasa. Akan lebih jika menggunakan alat yang bisa merontokkan debu pada dinding AC.

Beberapa cara diatas bisa digunakan untuk membersihkan AC di rumah secara mandiri. Cara service AC sendiri di rumah memang mudah dilakukan. Sehingga anda tidak akan kesulitan jika membersihkan AC sendiri.