Cara Menghilangkan Kutu Anjing dan Kucing yang Benar

Bagi pemilik anjing ataupun kucing mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan kutu pada hewan peliharaan masing-masing. Ada banyak faktor penyebab mengapa kutu ini bisa muncul pada hewan peliharaan Anda, salah satunya adalah tidak menjaga kebersihan dirinya.

Apabila kutu tersebut masih dalam jumlah yang sedikit, maka akan lebih mudah dalam membersihkannya. Sebaliknya, jika sudah terlalu banyak, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Namun Anda tidak perlu cemas, karena di bawah ini akan dibahas cara menghilangkannya. 

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dan Kucing 

1. Mandikan Menggunakan Sabun Khusus

Ketika sudah muncul kutu pada hewan peliharaan Anda, maka sudah tidak bisa menggunakan sabun mandi yang biasanya. Di sini Anda perlu membeli sabun mandi khusus yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kutu yang menempel.

Anda bisa membelinya ke pet shop, namun pastikan cocok untuk hewan peliharaan masing-masing dan tidak menimbulkan efek samping. Di sisi lain juga harus memperhatikan komposisi yang terkandung di dalamnya, apakah berbahaya atau tidak. 

2. Gunakan Sisir Kutu

Selesai memandikan hewan peliharaan Anda, segera keringkan dan jemur di bawah sinar matahari. Ketika menjemurnya, Anda juga bisa membantu menyisir bulunya untuk menyaring kutu-kutu yang masih tertinggal di tubuhnya.

Gunakan sisir khusus yang memang digunakan untuk menyaring kutu dari tubuh hewan tersebut. Biasanya sisir tersebut terbuat dari bahan besi, ada juga yang terbuat dari plastik. Gunakan sisir secara hati-hati dan jangan sampai melukainya. 

3. Konsultasikan Dengan Dokter

Perhatikan perkembangan dan kondisi hewan peliharaan masing-masing, apakah setelah dimandikan sabun khusus membuahkan hasil yang bagus atau tidak. Apabila kutu yang berada di tubuh hewan peliharaan malah semakin banyak, alangkah baiknya dibawa ke dokter.

Tanyakan bagaimana solusi untuk menghilangkannya dan upaya apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegahnya. Galilah informasi yang penting sebanyak mungkin agar Anda bisa memberikan yang terbaik untuk hewan peliharaan tersebut. 

Pada umumnya kebersihan lingkungan tempat tinggal bisa menjadi salah satu faktor munculnya kutu tersebut. Dilansir dari adhd malta, salah satu upaya untuk mencegahnya adalah mengecek kondisinya secara rutin dan tetap membersihkan lingkungan sekitar.