Cara Membuat WiFi Sendiri dengan Modem dan Router

Internet yang lancar dan mudah diakses kapan saja sudah merupakan dambaan untuk setiap orang. Nah, sekarang ini untuk akses internet tidak hanya bisa didapatkan dari penyedia wifi di sekitar karena Anda dapat membuat wifi sendiri dengan menggunakan modem dan router. Selain itu, Anda juga boleh membatasi siapa saja yang dapat mengakses jaringan yang Anda buat sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara membuat WiFi sendiri hanya dengan menggunakan modem dan router.

Pertama Anda wajib mempersiapkan alat yang dibutuhkan dalam membuat wifi. Berikut ini adalah daftar alatnya:

  1. Modem GSM lengkap dengan kartu SIM yang sudah diisi paket internet.
  2. WiFi router.
  3. Laptop atau PC.

Kemudian, Anda ikuti langkah- berikut ini:

  • Pertama Anda harus mendownload software connectify, Anda boleh memilih yang gratis maupun berbayar. Namun yang perlu Anda ketahui yaitu jika softwarenya gratisan maka aksesnya juga akan terbatas.
  • Siapkan wifi router yang bakal Anda jadikan sebagai Access Point untuk pengguna. Atur WAN ke Dynamic IP, LAN ke DHCP. Cara ini dapat langsung membuat WiFi router mengambil pengaturan IP Address dari LAN komputer dan pengaturan DHCP di LAN yang akan mengatur secara otomatis distribusi IP Address pada penggunanya.
  • Jalankan koneksi internet melalui modem, lalu pilih koneksi modem sebagai koneksi yang akan dibagi dengan pengguna pada kolom internet to share. Pada tab Advanced Setting, pilihlah Ethernet card pas isian Share Over setelah itu, pilih Ethernet yang ada pada sharing mode.
  • Setelah itu, Anda sudah dapat menjalankan hotspot dan mencoba koneksi WiFi Router melalui laptop ataupun Android Device. Nantinya Anda akan melihat status koneksi yang tersambung yaitu WiFi router.

Tips untuk Membuat Sinyal WiFi Router Lebih Kuat

  • Aturlah posisi antena wifi router supaya pancaran sinyalnya kuat.
  • Kurangi penghalang seperti pintu, dinding serta lantai karena hal tersebut dapat menghambat sinyal yang akan dipancarkan.
  • Perbaharui selalu firmware wifi router supaya kecepatan sinyalnya menjadi lebih tinggi.

Sekian penjelasan singkat terkait bagaimana cara membuat WiFi sendiri dengan modem dan router. Semoga bisa membantu Anda dalam menghasilkan jaringan internet sendiri.