Cara Membuat Media Tanam Dari Sabut Kelapa Seperti Ini

Cara membuat media tanam dari sabut kelapa, dengan artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat media tanam nya itu. Sebelumnya sabut kelapa ini berasal dari buah kelapa. Ya buah kelapa dari pohon kelapa. Pohon kelapa di Indonesia sangat lah banyak di tanam oleh masyarakat ataupun warga negara Indonesia bukan.

Cara membuat media tanam dari sabut kelapa ini menggunakan buah kelapa. Buah kelapa yang di olah menjadikan nya sabut kelapa. Lalu sabut kelapa ini di olah kembali menjadi serbuk-serbuk yang lembut. Serbuk lembut itu juga bisa di sebut juga dengan cocopeat. Jual cocomesh ini untuk kebutuhan tambahan nantinya.

Pengertian cocopeat ini adalah serbuk-serbuk lembut yang di olah dari sabut kelapa itu sendiri. Dengan cara menghasilkan suatu cocopeat ini. akan tetapi sebelum memahami cara pembuatan cocopeat ini mari kita simak fungsi dari cocopeat itu sendiri. Dengan mesin pengolahan sabut kelapa bisa menjadi alternatif pembuatan secara modern.

Cara Membuat Media Tanam Dari Sabut Kelapa Simak Artikel Ini

Cara Membuat Media Tanam Dari Sabut Kelapa

Beginilah Cara Pembuatan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Cocopeat ini di buat dengan awal pembuatan nya cocopeat, dengan yang harus di ketahui terlebih dahulu sebagaimana apa fungsi dan bagaimana cocopeat ini yang layak menjadi media tanam bagi tanaman yang akan di tanam.

Harus kita akui bagaimana bagus nya memilih media tanam yang bagus itu seperti apa di mulai dengan dari daya penyimpanan air itu sendiri yang bagus hingga media tumbuh yang sangat cocok untuk di perkarangan dan sebagai pengeak tanaman itu sendiri.

Cocopeat dengan bahan nya yang mudah sekali untuk kita temukan atau kita dapatkan yaitu sabut kelapa. Sabut kelapa ini di daerah teman-teman semua pasti banyak sekali bukan. Sabut kelapa ini akan di olah menjadi media tanam yang sangat cocok sekali.

Untuk menghasilkan cocopeat yang bagaimana bentuk yang telah di buat yaitu dengan berbentuk butiran-butiran gabus. Yang di ambil untuk pembuatan ini yaitu dari kulit ari buah kelapa. Teman-teman sangat bisa sekali membuat dengan jumlah yang banyak.

Dengan bahan yang tersedia di daerah teman-teman masing-masing jika itu sangat melimpah sekali. Akan tetapi biasa nya yang banyak ini di jadikan olahan cocopeat sebagai media tanam adalah petani hidroponik yang menekan pengeluaran.

Petani hidroponik yang berfikir untuk menghemat biaya ini biasa nya untuk membudidayakan tanaman.

Begnilah langkah-langkah pembuatan nya :

Alat-alat yang di butuhkan

  • Kalian siapkan sabut kelapa sebanyak sebanyak nya ataupun juga bisa menyediakan seberapa¬† kebutuhan teman-teman yang akan di buat.
  • Kalian siapkan mesin pengayakan untuk mempermudah pembuatan.
  • Kalian siapkan juga mesin pengepresan nya.

Cara pembuatan cocopeat untuk media tanam :

  • Yang kesatu, ialah dengan harus anda lakukan ialah mengurangi kadar air yang terdapat pada sabut kelapa tersebut. Lalu jemurlah di bawah sinar matahari secara langsung sekitar jam 11 sampai jam 3 sore nanti. Persentase di bawah 15% ini, untuk mencapai di bawah 15% ini biasanya membutuhkan waktu hingga satu hari penuh. Untuk memastikan kadar air cukup mudah sekali yaitu dengan menggunakan uji daya kadar air itu, jika membuat cocopeat sekitar 5 kg maka setalah di jemur biasa nya mencapai setengah 5 kg.
  • Yang kedua, Dengan anggapan saya anda sudah menyiapkan bahan cocopeat dengan kadar yang telah di tentukan. Langkah selanjut nya kalian ayak serbuk sabut kelapa itu. Hasil dari ayakan sabut kelapa itu nama nya dust. Serbuk-serbuk yang kalian ayak tadi barusan harus di pisahkan dengan sabut kelapa yang masih besar-besar atau masih kasar.
  • Yang ketiga, Akan menggunakan untuk membuat cocopeat adalah dust itu sendiri yang di pisahkan tadi. Jadi sabut kelapa yang kasar biasa nya digunakan untuk lain nya seperti bahan bakar bata ataupun guci untuk kerajinan tangan. Jikan teman-teman ingin membuat bentuk dan ukuran bisa juga menggunakan bantuan mesin pengepress bentuk nya bisa beragam sesuka selera. Cocopeat siap digunakan untuk media tanam.

Beginilah artikel yang menjelaskan tentang cara membuat media tanam dari sabut kelapa. Dengan bahan pokok nya yaitu buah kelapa kalian bisa menjadikan untuk media tanam yang disebut cocopeat . Silahkan mencoba !