Cara Membuat Ayam Penyet Sambal Hijau Yang Lezat

Banyak orang sekarang ingin membuat ayam penyet sendiri. Makanan khas surabaya ini banyak di minati oleh kalangan remaja dan dewasa hingga anak-anak. Cara membuat ayam penyet sendiri sangat lah mudah sekali, berikut ini adalah cara membuat ayam penyet sambal ijo yang lezat.

Sejarah Ayam Penyet

Sejarah berdirinya Restoran Ayam Penyet di Surabaya merupakan salah satu perusahaan franchise yang merintis warung makan ayam Penyet di Indonesia. Ayam Penyet Surabaya didirikan oleh Bapak Puspo Wardoyo. Selama ini ia dikenal sebagai pemilik Ayam Bakar Wong Solo. Namun tak banyak yang tahu bahwa ia juga berhasil membuat produk ayam Penyet dengan merek Ayam Penyet Surabaya.

Padahal, Ayam Penyet Surabaya merintis ayam penyet di Indonesia sebelum ayam penyet seramai belakangan ini. Ayam Penyet Surabaya juga dikenal tetangga Malaysia. Di negeri jiran ini, ayam penyet milik Grup Wong Solo menjadi menu yang paling disukai masyarakat. Banyaknya peminat Chicken Penyet Wong Solo Group di Malaysia membuat Pak Puspo Wardoyo membuka banyak gerai dan menjadikan Chicken Penyet sebagai menu utamanya.

Ini adalah peluang bisnis yang harus kita geluti. Ayam Penyet Surabaya awalnya hanya sebagai produk pelengkap di cabang Ayam Bakar Wong Solo. Awalnya Puspo membawa ayam Penyet ke cabang Wong Solo karena anaknya gemar makan Tempe Penyet di Surabaya pada 1992. Dari situ ia berinisiatif memasukkan Tempe Penyet ke dalam menu Ayam Bakar Wong Solo.

Sejarah terbentuknya ayam penyet tidak berjalan singkat, bahkan harus melewati waktu yang lama untuk disukai customer. Pada tahun 1997, ayam penyet mulai disukai oleh warga Djogja, bahkan Ibu Megawati berkeinginan untuk mencicipi cita rasa dari tempe dan ayam penyet tersebut.

Pada tahun 2006, Bapak Puspo mendirikan gerai ayam Penyet miliknya sendiri di wilayah Medan dengan nama Ayam Penyet Surabaya. Alasan dia menggunakan nama Ayam Penyet Surabaya di Medan karena ide penemuan ayam penyet itu berasal dari kota Surabaya. Ayam Penyet Surabaya saat ini memiliki sekitar 20 cabang di Medan, Aceh, Palembang, Jakarta, Bandung, Purbalingga, Purwokerto, Malang, Balikpapan, Samarinda dan Banjarmasin.

Kehebatan Ayam Penyet Surabaya telah menginspirasi banyak orang untuk membuka usaha serupa, termasuk mantan karyawan Pak Puspo Wardoyo. Ada ratusan merk ayam Penyet yang dibuka baik skala kecil maupun menengah oleh mantan rekan kerja saya dan tersebar di seluruh Indonesia.

Cara Membuat Ayam Penyet Sambal Hijau

Bahan:

  • 1 ekor ayam (potong menjadi 6 atau 8 sesuai selera)
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 4 lembar daun jeruk
  • Kunyit 5 cm (haluskan)
  • 5 siung bawang putih (haluskan)
  • 1/2 sdt lada halus
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • 5 buah kemiri (haluskan)
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Bahan Sambal:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 10 cabe rawit hijau
  • Garam (secukupnya)

Cara Membuat Ayam:

  1. Masak daging ayam dengan batang serai, daun jeruk dan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Rebus hingga bumbu meresap dengan baik. Jika sudah, dinginkan lalu goreng dengan minyak panas.
  2. Goreng ayam hingga berwarna kuning kecokelatan.
  3. Sembari menunggu ayam matang, buatlah sambal ijonya.
  4. Haluskan sambal menggunakan cobek dan ulekan. Jika sambal sudah halus, siram sambal menggunakan sedikit minyak panas agar rasanya lebih nikmat.
  5. Saat ayam matang, angkat dna tiriskan.
  6. Penyet ayam menggunakan sambal ijo.
  7. Ayam goreng penyet sambal ijo siap untuk disajikan.

Itulah cara membuat ayam penyet sambal hijau yang lezat dan mudah. Anda juga bisa menggunakan bantuan berupa mesin deep fryer penggorengan. Jika menggunakan mesin dapat mempercepat proses pembuatan.