Cara Membersihkan Kamar Penderita TBC Agar Tidak Mudah Tertular

Penderita TBC harus selalu menjaga kebersihan untuk mengurangi risiko penularan. Disini keluarga sangat berperan aktif dalam merawat penderita. Namun keluarga juga harus waspada terhadap risiko penularannya. Lalu bagaimana jika keluarga anda mengidap penyakit TBC? Bagaimana cara membersihkan kamar penderita TBC agar tidak mudah tertular?

Penyakit tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh kuman. Penderita penyakit ini dianjurkan untuk berada di tempat yang terhindar dari banyak orang untuk mengurangi penularan. Di dalam kamar misalnya, penderita dapat melakukan aktivitas sehari-harinya sekaligus beristirahat.

baca juga: jasa bersih rumah tangerang

Berikut Ini Cara Membersihkan Kamar Penderita TBC

Berbagai kuman, tak terkecuali kuman TBC pasti ada dimana-mana, di dalam kamar sekalipun. Tak perlu takut, anda dapat mewujudkan kamar yang bebas dari kuman TBC. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar tidak terjadi penularan pada orang lain:

1. Menggunakan Masker dan Sarung Tangan

Tak hanya penderita saja yang harus menggunakan masker, orang yang merawat ataupun menjenguk pun juga harus menggunakannya. Hal ini akan mengurangi risiko penularan penyakit ini. Sebaiknya juga menggunakan sarung tangan jika akan memegang segala sesuatu yang ada di dalam kamar penderita.

2. Menyemprot Barang-barang dengan Cairan Antiseptik

Karena penyakit TBC mudah menular, maka diperlukan sterilisasi barang-barang ketika penderita selesai menggunakannya. Pasalnya, kuman-kuman akan mati terbunuh oleh cairan antiseptik. Jadi, usahakan bagi anda yang anggota keluarganya mengidap penyakit TBC untuk selalu sedia cairan antiseptik. Penyemprotan cairan antiseptik juga merupakan cara membersihkan kamar bekas penderita TBC.

cek pula: home cleaning tangerang

3. Mencuci Pakaian dengan Menggunakan Air Hangat

Pada saat mencuci pakaian penderita TBC sebaiknya menggunakan air hangat. Air hangat berguna untuk mempercepat proses matinya kuman yang menempel pada pakaian. Tidak hanya pakaian saja, sprei, sarung bantal, dan sarung guling sebaiknya juga dicuci dengan menggunakan air hangat.

4. Selalu Menjaga Sirkulasi Ruangan

Kuman TBC umumnya bertahan hidup 1-2 jam tergantung kondisi kelembaban dan gelap terangnya ruangan. Apabila ruangan gelap dan lembab, maka kuman TBC akan lebih lama hidup. Maka untuk menghindari ini, anda harus selalu memperhatikan sirkulasi kamar penderita. Anda bisa melakukannya dengan rajin membuka jendela agar udara sekaligus sinar matahari dapat masuk ke kamar penderita. Dengan ini, perkembangan kuman TBC dapat terhambat.

5. Rajin Menjemur Bantal, Guling, dan Kasur

Menjemur bantal, guling dan kasur merupakan salah satu cara yang tepat untuk membunuh kuman. Hal ini dikarenakan kuman tidak dapat bertahan hidup dalam suhu tinggi diatas 50 derajat Celcius.

6. Menggunakan Vakum untuk Membersihkan Bagian yang Berdebu

Di dalam kamar pasti ada tempat atau bagian ruangan yang sulit dibersihkan hanya dengan menggunakan sapu, terutama tempat yang berdebu. Nah, penggunaan vakum ini adalah salah satu cara membersihkan kamar penderita TBC yang sangat mudah dilakukan.