Bumbu Lodeh Terong Kacang Panjang Yang Enak Dan Nikmat

Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep bumbu lodeh terong kacang panjang yang enak dan juga nikmat. Namun sebelum itu tahukah kamu apa itu sayur lodeh? dan apa saja bahan baku pembuatan sayur lodeh?

Definisi Sayur Lodeh

sayur lodeh terong

Sayur lodeh atau yang sering kali disebut dengan Jangan lodhèh adalah olahan sayur yang berkuah santan khas negara Indonesia, terutama di daerah Jawa tengah.

Olahan sayur lodeh ini juga mempunyai berbagai macam variasi rasa yang terdapat pada bumbunya yang cukup beragam, ada yang santannya berwarna keputihan dan ada juga yang santannya berwarna kuning kemerahan.

Bahan-bahan utama pada saat proses pengolahan bumbu sayur lodeh yang paling sering dipakai adalah labu jipang, kacang panjang, terung, petai, tempe, cabai, jagung kecil dan juga santan.

Olahan sayur lodeh yang mudah dibuat dan juga lezat ini sangat menyegarkan dan cocok sekali jika dipadukan dengan olahan serundeng daging, empal daging, telur asin dan ikan tongkol.Dan biasanya dihidangkan bersama dengan sambal.

Sayur lodeh ini mempunyai beberapa karakteristik yang hampir sama seperti kari, tetapi masakan ini lebih banyak menggunakan sayur-sayuran daripada menggunakan olahan daging atau boga laut.

Resep Lodeh Terong Kacang Panjang

1. Resep Lodeh Terong Kacang Panjang Gurih

Bahan-Bahan:

  • 1 tahu putih sedang (potong sesuai selera, goreng hingga bagian luar kering)
  • 250 g kacang panjang (potong-potong sesuai selera)
  • 150 ml santan kelapa
  • 1 lembar daun salam
  • Air (secukupnya)
  • 4 siung bawang putih (halus)
  • Buah cabai merah besar (buang isi) (halus)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • Garam (secukupnya)
  • 7 siung bawang merah (halus)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 10 buah cabai rawit (halus)
  • Gula (secukupnya)

Cara Membuat Resep Sayur Lodeh Terong Kacang Panjang Gurih:

  1.  Gorenglah tahu hingga bagian luarnya kering lalu sisihkan.
  2.  Sebelum Bumbunya dihaluskan, goreng bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang.
  3.  Haluskan bumbunya bersamaan dengan garam, gula dan kaldu ayam bubuk hingga halus menggunakan cobek agar rasanya semakin mantap.
  4.  Panaskan sedikit air kira-kita sekitar 50 ml hingga mendidih. Masukkan bumbu ke dalam air.
  5.  Tambahkan kacang panjang tadi ke dalam bumbu, masak hingga kacang empuk dan setengah matang.
  6.  Tambahkan tahu yang tadi sudah digoreng, aduk rata dan masak hingga bumbu meresap serta matang.
  7.  Masukkan santan kelapa dan kaldu ayam secukupnya.
  8.  Masak hingga mendidih dan koreksi rasa.
  9.  Ketika rasa sayur lodeh dirasa sudah pas, aduk sayur lodeh dan masak hingga mendidih.

Dalam pengupasan kelapa sebagai bahan pembuatan santan saya sarankan untuk menggunakan mesin pengupas kelapa supaya proses jauh lebih cepat.

Manfaat Sayur Lodeh Bagi Tubuh

manfaat sayur lodeh

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat sayur lodeh bisa meningkatkan nafsu makan. Tentu saja anda pasti percaya karena sudah membuktikannya sendiri kalau sayur lodeh dapat meningkatkan nafsu makan. Apalagi jika kalian memakan sayur lodeh bayam, sayuran hijau ini seakan-akan meningkatkan citarasanya sampai 5 kali lipat.

2. Menambah Stamina

Sayur Lodeh juga bisa meningkatkan stamina. Cocok untuk anda yang sedang memiliki gangguan kesehatan dan sedang membutuhkan asupan untuk meningkatkan stamina. Jika kalian sedang sakit, sebaiknya segera saja memakan sayur lodeh ini supaya stamina kembali seperti sediakala.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Makan sayur lodeh juga ada hubungannya dengan otak. Rasanya otak menjadi lebih cerdas, makin cerdas, dan anda akan mudah berpikir. Sayuran ini sungguh berguna sekali untuk stimulasi otak. Apalagi jika anda pandai dalam memilih jenis sayuran yang akan dimasak lodeh. Lodeh labu bisa menjadi salah satu menu andalan.

Baca juga: Resep Masakan Tahu Tempe Kecap Yang Enak Dan Praktis

Itulah pembahasan pada artikel kali ini mengenai cara buat sayur lodeh sederhana yaitu resep bumbu lodeh terong kacang panjang yang enak dan juga nikmat. Sampai jumpa di artikel saya yang selajutya.