Bolehkah Belajar Islam Via Online?

Pertanyaan tentang boleh tidaknya belajar agama islam via online, sering di tanyakan oleh masyarakat kita. Apa sih yang melatar belakangi adanya pertanyaan tersebut?, bukankah belajar agama bisa dimana saja, apalagi sekarang zamannya sudah semakin canggih, terutama dunia informasi berupa website maupun video online.

Yang melatar belakangi pertanyaan ini adalah, karena adanya sebagian ustadz yang mengatakan bahwa belajar agama itu harus dengan guru dan mendatangi guru adalah lebih utama dan berkah.

Tentu kalau kita jawab, atau jawaban orang awam, kenapa tidak boleh, sah sah saja belajar ilmu agama via online, apalagi untuk orang yang serba sibuk atau hanya punya sedikit waktu luang.

Ya…benar,memang boleh kok belajar agama islamvia online, tapi kita perlu memperhatikan hal hal berikut ini, agar tidak salah dalam memilih konten atau isi materi website yang menyimpang.

Boleh Belajar Agama Islam Via Online dengan Syarat

Ketahui latar belakang penulis di suatu website, apakah dia seorang ustadz atau hanya orang awam yang belajar nulis, atau bisa juga seorang penuntut ilmu yang merangkum catatan ilmu agama yang di pelajarinya.

Sebisa mungkin penulis dari website yang akan anda baca adalah seorang ustadz atau organisasi islam yang sudah diakui keabsahannya.

Perhatikan tulisan atau isi konten dari website tersebut, apakah selalu menyertakan dalil dari argumen atau tulisan yang di buat, jika berdasar dalilmaka layak untuk di ambil ilmunya, tapi kalau miskin dalil maka sebaiknya anda tinggalkan website tersebut.

Konten tidak menyimpang, maksudnya jika isi konten lebih banyak kepada mengajak kesyirikan dan mengajak kepada golongannya saja, seperti syiah atau islam liberal, maka tinggalkan website tersebut.

Bertanya kepada ustadz yang kita kenal tentang suatu website yang akan kita ambil ilmunya, jika ustadz yang kita mintai tanggapannya mempersilahkan maka kita bisa belajar pada wesite tersebut.

Belajar Dengan Bertatap Muka Secara Langsung Lebih Baik

Belajar agama islam secara online memang tidak masalah jika mengikuti syarat di atas, tapi alangkah baiknya jika kita belajar islam secara langsung kepada ustadz yang ada di wilayah kita, yaitu dengan mendatangi majelis taklimnya atau kita sengaja bersilaturahmi kepada ustadz tersebut.

Luangkan waktu untukbelajar agama islam kepada seorang ustadz, karena jika kita tidak meluangkan waktu maka tidak akan bisa kita belajar secara terus menerus melalui online, karena dengan belajar islam kepada ustadz dengan mendatangi majelisnya, kita akan mendapatkan keberkahan ilmu.

Kita akan mudah untukmengamalkannya dan kita juga akan banyak bergaul dengan orang sholeh yang sama sama menuntut ilmu, kita bisa bertanya langsung untuk maslah yang sedang kita bingungkan.

Belajar Islam Via Online Hanya Selingan

Maksudnya kita menjadikan website sebagai second opinion saja, hanya sebatas memperkuat pemahaman dari kajian yang di dapat secara offline.

Kalau toh ingin belajar murni dari website maka rekomendasi kami adalah website muslim.or.id, almanhaj.or.id, firanda.com, rumaysho.com dan penaungu.com, insya ALLAH website-website tersebut dapat di percaya karena menampilakan konten yang sesuai dengan AL’Quran dan Assunah sesuai dengan pemahaman para salafus sholeh.