Arti Noob: Ketahui Perbedaannya dengan Newbie

Tidak bisa dipungkiri jika perkembangan Teknologi saat ini sedikit banyak juga mempengaruhi perkembangan dalam dunia game. Kini ada ribuan jenis game yang bisa dimainkan oleh semua kalangan. Bahkan game tidak lagi hanya bisa dimainkan melalui perangkat komputer saja.

Saat ini semua gamers bisa bermain Game dimana saja dan kapan saja melalui smartphone yang mereka miliki. Bahkan tersedia banyak sekali jenis game yang bisa didownload secara gratis di Appstore maupun Playstore. Jadi, tidak ada lagi yang namanya jenuh bermain game sebab ada banyak sekali game yang bisa dicoba.

Bagi semua gamers, ada berbagai istilah-istilah yang dipakai dalam bermain. Istilah itu juga bisa dijadikan sarana komunikasi antara sesama gamers. Istilah-istilah ini bisa dengan mudah ditemukan pada game online. Biasanya istilah yang dipakai akan terdengar asing untuk orang awam.

Namun, istilah itu pun kerap dipakai untuk begitu banyak sosial media dan saat orang sedang melakukan chatting. Akan tetapi, istilah ini memang lebih banyak dipakai oleh kalangan gamers. Adapun beberapa contoh istilah yang tidak jarang digunakan adalah GG yang dengan kata lain Good Game dan AFK yang dengan kata lain Away From Keyboard.

Akan tetapi, kali ini bukan istilah seperti itu yang akan dibahas. Melainkan pembahasan tentang istilah Noob dan juga Newbie. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah itu, bukan? Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum tahu tentang makna noob dan newbie. Oleh sebab itu, ini adalah penjelasan tentang perbedaan noob dan newbie.

Apakah Arti Noob?

Berdasarkan keterangan dari kamus bahasa Inggris, makna noob dengan kata lain orang bodoh. Akan tetapi, pasti dalam dunia gaming bukan bebal seperti ituyang dimaksudkan. Berdasarkan penelaahannya, noob adalah kata yang bisa diartikan dengan payah ataupun lemah menurut keterampilan dan pengetahuannya terhadap suatu game tertentu.

Itulah mengapa jika seseorang tidak memahami maksud sebuah game, maka akan dikatai dengan “Dasar noob!”. Kurang lebih begitulah maksudnya. Akan tetapi, noob ini juga bisa diartikan dengan orang yang tidak memiliki ambisi supaya menjadi lebih baik ataupun naik peringkat dalam game yang mereka mainkan.
Gamers noob tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memainkannya dan pun derajat level dari karakter game yang sedang dimainkan. Jadi, bisa disebutkan jika noob adalah orang yang tidak pernah serius atau hanya sekadar menghilangkan bosan dengan bermain game. Berbeda dengan layaknya gamers profesional.

Tidak hanya itu saja, istilah noob ini juga bisa merujuk pada kata yang sering dipakai untuk menghina pemainnya. Noob dibacakan saat pemain lawan tidak bermain dengan benar, membuat masalah dalam permainan, dan lain sebagainya.
Arti noob bisa berarti orang yang belum memiliki pengalaman dalam sebuah bidang, biasanya sehubungan dengan internet ataupun komputer. Jadi, mereka kendala dalam mengoperasikan maupun mengakses hal tersebut.

Arti Newbie

Berdasarkan keterangan dari Wikipedia, newbie adalah seorang pemain baru di dalam suatu permainan game online. Persis seperti kata “new” yang berarti baru dan tersemat dalam kata newbie. Istilah ini merujuk pada pemain pemula ataupun pendatang baru yang baru mencoba game tersebut. Beberapa sebutan lain dari kata newbie antara lain adalah nubie, new, dan juga noobie.

Newbie tidak hanya mempunyai makna sebagai pemain baru. Akan tetapi, beberapa orang berasumsi jika newbie juga bisa diartikan sebagai pemain yang baik hati dan solid dalam menjalankan suatu permainan serta mau mengikuti saran dari pemain lain atau pemain yang dirasakan senior dalam game tersebut.

Perbedaan Noob dan Newbie

Sebenarnya bukan menjadi hal yang susah dalam memisahkan istilah noob dan newbie. Bahkan orang awam juga bisa memahami letak perbedaannya. Untuk Anda yang masih belum memahami perbedaan istilah noob dan newbie,  ini adalah penjelasannya.

A. Noob

• Noob adalah istilah yang dipakai untuk menghina pemain lain. Jika diganti dalam bahasa Indonesia, maka noob dengan kata lain lemah.

• Noob mempunyai kebiasaan buruk, seperti mengacaukan permainan dalam sebuah game.

• Di kalangan gamers, pemain yang memakai fitur cheat dirasakan sebagai noob sebab tidak menghargai pemain lain yang bermain sesuai ketentuan pada game.
Dalam game online, noob adalah pemain yang secara sembarangan chatting dengan pemain lain memikirkan perasaan lawan ataupun orang yang menerima pesan itu.

• Pemain noob tidak peduli terhadap permainan dan level yang diraihnya.

• Noob ini pemain yang senang mengacaukan permainan tanpa mempedulikan pemain lain yang tergabung dalam satu tim.

• Jadi, bisa dibilang jika noob ini adalah orang yang tingkahnya sangat menjengkelkan dan sering membuat kesal pemain lainnya.

• Noob adalah pemain yang sangat dihindari dalam game online.

B. Newbie

• Newbie artinya pemain yang baru mencoba sebuah game dan levelnya masih pemula.

• Biasanya newbie memiliki sikap yang baik dan sopan dengan sesama teamnya. Bahkan mereka solid dan mau menerima saran dari pemain lain.
Newbie akan meminta maaf jika ia membuat kekeliruan saat bermain.

• Perlu diingat jika newbie adalah pemain baru. Jadi, pemain newbie masih mempunyai peluang untuk menjadi pemain yang hebat saat sudah bermain selama beberapa waktu. Istilah yang dipakai untuk pemain hebat ini adalah Good Game.

• Istilah newbie dapat diartikan dengan noob, namun dalam konotasi dan arti yang positif.

• Pemain newbie sangat mudah untuk disuruh bekerja sama dan tipikal pemain yang menyenangkan.

• Pemain newbie memiliki keterampilan bermain yang biasa saja. Namun, hal itu sangatlah wajar.

Itulah penjelasan tentang pengertian noob dan newbie serta perbedaan keduanya. Setiap gamers yang berambisi untuk menjadi pemain hebat tentu sangat menghindari pemain noob sebab akan mengacaukan jalannya permainan yang tak jarang telah dibentuk dengan suatu strategi yang baik.

Cara Untuk Menghindari Noob

Tentu saja sebagai pemain baik-baik, kita tidak ingin dicap noob oleh pemain lainnya. Oleh sebab itu, agar Anda tidak mendapatkan gelar noob tersebut, ada beberapa hal yang harus di lakukan.

Salah satu cara terpenting yang bisa dilakukan adalah dengan memilih hero yang telah dikuasai dalam permainan tersebut.
Dengan begitu, maka Anda bisa memainkan permainan dengan lebih baik lagi. Di samping itu, jika Anda memiliki keterampilan dan keunggulan dari hero yang dipilih, Anda bisa memaksimalkan kekuatan yang dimiliki oleh hero itu untuk memenangkan permainan. Jadi, kita tidak akan dicap noob oleh pemain lainnya yang jauh lebih profesional.
Berdasarkan keterangan di atas, kita tentunya sudah tidak merasa bingung lagi dalam membedakan istilah noob dan newbie. Di samping itu, Anda juga bisa memahami bagaimana caranya supaya tidak menjadi pemain noob.

Jika kita menjadi pemain yang profesional dan sesuai peraturan, maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi pemain hebat nantinya dan disegani oleh semua pemain-pemain lain. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mencoba game online baru.