Mengenal Apa Itu Jurusan Manajemen Informatika

Jurusan Manajemen Informatika merupakan suatu ilmu yang memanajemen informasi melalui bahasa komputer ataupun pemrograman.

Di dalam jurusan ini, selain mempelajari otak komputer atau cara kerja perangkat lunak, kita juga akan mempelajari bagaimana alur informasi antara komputer dan manusia untuk keperluan bisnis. Perangkat lunak (software) yang kita kembangkan lebih dipentingkan untuk keperluan mikro dan makro ekonomi, misalnya Sistem Informasi Manajemen atau Sistem Informasi Akuntansi.

Di sini juga Anda akan mempelajari cara untuk mengaudit sistem informasi, yakni dengan memastikan bahwa sistem informasi di dalam suatu perusahaan atau institusi yang bekerja dengan baik menurut standar tertentu. Standar tersebut meliputi siapa yang menggunakan sistem, apakah para pemakainya yang sesuai dengan fungsinya masing-masing, apakah operasi sistemnya yang selalu mengikuti alurnya, keamanan sistem dan lain-lain.

Di dalam manajemen kita akan belajar bahasa pemrograman seperti PHP, Delphi, C atau C++, dan java. Bahasa pemrograman ini nantinya akan digunakan dalam membuat desain web ataupun aplikasi yang bisa mengoptimalkan informasi yang kita peroleh.

Kita juga akan belajar mengenai basis data seperti Oracle dan MySQL yang biasanya digunakan pada website. Selain belajar tentang pemrograman kita juga akan belajar bagaimana membuat desain grafis, animasi, dan multimedia komputer yang tentunya akan mendukung penyajian sebuah informasi.

Desain ini juga berkaitan dalam pembuatan dan memanipulasi gambar digital, pembuatan animasi web dan kartun, hingga video editing. Sehingga informasi bisa disajikan secara menarik melalui berbagai media teknologi.

Bila Anda menyukai komputer dan berminat untuk bekerja pada bidang bisnis atau komersial, maka jurusan ini dapat menjadi bahan untuk pertimbangan. Dengan program D3 Manajemen Informatika Anda dapat menjadi operator sistem bisnis (misalnya di bank atau perusahaan besar), dan di S1 Manajemen Informatika. Anda dapat belajar untuk merancang sistem bisnis dan merancang atau mengaudit manajemen sistem informasi.