Alasan Untuk Mempertimbangkan Penggunaan Paving Block Rumput

paving block rumput

 Paving saat ini telah banyak digunakan sebagai penutup permukaan tanah. Orang – orang memilih menggunakan paving daripada menggunakan aspal atau cor – cor an karena paving dinilai jauh lebih ramah lingkungan. Hal ini tentunya sangat tepat mengingat dengan menggunakan paving air tetap dapat masuk ke permukaan tanah, berbeda ketika permukaan tanah di aspal. Paving sendiri memiliki berbagai macam jenis yang berbeda – beda. Ada paving block texture, paving block rumput, dan masih banyak yang lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai paving block rumput.

Paving block rumput merupakan paving yang didesain memiliki lubang ditengahnya sebagai tempat untuk tanaman dapat tumbuh di dalamnya. Tanaman yang ada paving tersebut memberikan kesan segar bagi orang yang memandangnya. Paving block yang satu ini banyak digunakan pada taman – taman ataupun pada halaman untuk parkir kendaraan. Apabila anda berniat akan menggunakan paving block jenis ini, terdapat beberapa alasan penting yang dapat menjadi pertimbangan anda. Berikut ini alasan – alasannya :

 

1. Dapat Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

Paving block rumput memiliki banyak sekali kegunaan, termasuk digunakan pada jalan masuk, jalur kebakaran, area parkir, jalan raya, dan trotoar. Berikut ini beberapa contohnya :

l Tempat parkir tambahan untuk keluarga dan teman – teman ketika ada acara khusus

  • Area parkir untuk usaha kecil
  • Jalur api untuk bangunan komersial
  • Jalan raya untuk kereta golf dan kendaraan offroad
  • Tempat parkir untuk kendaraan rekreasi atau trailer kemah

 

Paving block rumput menciptakan area parkir yang menarik mata dan menyatu dengan alam yang ada disekitarnya, sekaligus dapat memberikan permukaan yang kuat untuk melindungi rumput di bawahnya. Sedangkan jika anda menggunakan beton, suasana yang diciptakan akan terlihat membosankan dan tidak menarik. Apalagi jika anda menggunakannya hanya untuk keperluan sementara, hal tersebut hanya akan membuang – buang tempat yang malah dapat digunakan untuk menanam rumput alami.

 

2. Memiliki Kekuatan Yang Tinggi

Paving block rumput didesain untuk dapat saling mengunci antara satu paving ke paving lainnya, hal ini membuat pendistribusian berat kendaraan menjadi merata secara keseluruhan. Selain itu, desainnya yang saling mengunci memberikan kekuatan kompresi yang sangat besar ketika ada kendaraan di atasnya. Bahkan ketika tidak ada kendaraan di atasnya pun, kekuatan kompresi nya sudah cukup besar. Hal ini memungkinkan permukaan yang dipasangi paving block rumput dapat dinaiki oleh kendaraan besar sekalipun termasuk truk besar, tanpa merusak rumput dan mengubah bentuk tanah

 

3. Pemasangan Yang Mudah

Penutupan permukaan tanah dengan aspal membutuhkan pekerja dan alat – alat canggih dengan harga yang sangat mahal. Berbeda dengan pemasangan paving block rumput yang dalam pemasangannya hanya membutuhkan sedikit peralatan dan pekerja. Pemasangan paving block rumput sendiri hampir sama dengan pemasangan paving block biasa, yang membedakannya adalah adanya penanaman rumput di bagian tengahnya.

 

4. Air Dapat Mengalir Di Dalam Tanah Dengan Lebih Baik

Pada dasarnya, penggunaan paving biasa saja sudah dapat membuat air mengalir di permukaan tanah. Namun, dengan menggunakan paving block rumput, air akan dapat mengalir dengan lebih baik lagi. Terutama ketika terjadi hujan deras. Air hujan tidak akan menggenang di permukaan paving, tetapi dapat mengalir ke tanah dengan lebih cepat. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir.