6 Cara Menata Ruang Kerja Kantor, Ciptakan Pekerjaan Nyaman

desain kantor

Pernah terbayang dalam benak Anda betapa melelahkannya itu bekerja?

Tentu pernah, bekerja merupakan suatu hal yang membutuhkan banyak konsentrasi, tenaga, dan juga waktu.Penyemangat dalam bekerja pun harus selalu ditemukan agar pekerjaan dapat berlangsung dengan lancar dan Anda sebagai pekerja bisa lebih produktif.

Kira-kira apa cara yang bisa dilakukan untuk semakin meningkatkan kenyamanan dan keproduktifan dalam bekerja?

Yang utama adalah niat dan tekad.Itu berasal dari dalam diri sendiri, tapi untuk hal eksternal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penyemangat bekerja supaya pekerjaan bisa berlangsung aman, nyaman, dan lancar bisa dilakukan dengan mengubah gaya ruang kerja menjadi lebih baik.

Lebih baik disini maksudnya lebih teratur dan enak dipandang.Faktor tersebut juga berpengaruh bagi Anda sebagai pekerja.

Untuk itu mari perbaiki ruang kerja Anda dengan beberapa cara menata ruang kerja kantor yang ada di bawah ini.

Ciptakan Pekerjaan Nyaman Dengan Mengikuti 6 Cara Menata  Ruang Kerja Kantor Ini

Atur  Pencahayaan

cahaya natural kantor

Pencahayaan adalah unsur penting untuk meningkatkan konsentrasi atau fokus.Selain itu, pencahayaan juga perlu diperhatikan guna menjaga kesehatan mata Anda.Kurangnya pencahayaan bisa membuat mata Anda kurang efektif dalam bekerja dan bisa membuat Anda mengantuk.

Untuk itu pastikan bahwa dalam bekerja Anda mendapatkan pencahayaan yang baik.Akan lebih efektif jika Anda menggunakan cahaya alami, tapi jika ruang kerja Anda jauh dari jendela Anda bisa memasang lampu kecil di meja Anda untuk membantu meningkatkan pencahayaan.

Yang terpenting jangan sampai Anda membelakangi cahaya untuk mata Anda.Hadapakan meja Anda pada sumber cahaya dan hilangkan apa saja yang menjadi penghalangnya.Jika di kantor Anda harus menggunakan sekat, Anda bisa menghias sekat tersebut dengan lampu-lampu kecil.

Jika Anda bekerja di rumah, maka pastikan untuk mencari tempat yang dekat dengan jendela.

Rapikan dan Buang Barang Bekas

rapikan barang bekas

Terlalu banyak barang yang bertumpuk tentunya tidak bagus untuk ruang kerja Anda, itu akan menimbulkan kesan penuh, sesak, dan membuat Anda sulit berkonsentrasi karena ketidaknyamanan benda-benda yang berserakan tersebut.

Akan lebih baik jika Anda mulai memilih-milih mana saja benda yang sekiranya tidak Anda gunakan, masukkan dalam kardus dan singkirkan benda tersebut dari ruang kerja Anda.

Benda-benda tersebut bisa Anda buang atau manfaatkan kembali untuk hal-hal lain yang sekiranya bisa bermanfaat untuk Anda.

Meja dan Kursi Buat Senyaman Mungkin

meja kursi kantor

Pastikan bahwa Anda memilih furniture meja dan kursi Anda dengan tepat dan bisa membuat nyaman.Lihat kembali apakah kursi dan meja Anda memiliki tinggi yang sesuai atau tidak, karena hal tersebut juga mempengaruhi kenyamanan.

Meja dan kursi yang tidak seimbang bisa mengakibatkan Anda mudah kelelahan dalam bekerja.Selain itu Anda juga harus memilih kursi yang terdapat bantalan busanya agar kursi tersebut bisa menjadi lebih nyaman lagi untuk melepas penat Anda.

Furniture Harus Sesuai

furniture kantor

Dalam memilih furniture Anda harus teliti lagi apakah sesuai ukurannya dengan ruang kerja Anda, karena ukuran yang tidak sesuai juga bisa mengakibatkan ruang kerja Anda terlalu penuh nantinya.

Untuk menambahkan keindahan Anda juga bisa memilih deluxe furniture yang pastinya bisa membuat Anda nyaman dan juga tidak bosan dengan furniture yang Anda tempati.

Tambahkan Dekorasi

wallpapper kantor

Dekorasi disini bukanlah dekorasi yang ramai atau semacamnya, Anda hanya perlu menambahkan wallpaper berupa kata motivasi atau sebuah figura kecil di meja Anda.

Itu untuk menambahkan kesan hangat dan nyaman dalam ruang kerja Anda, hal itu bisa Anda jadikan sebuah motivasi dalam bekerja Anda.Misalnya saja Anda memilih wallpaper berupa kata penyemangat  dan figura foto keluarga yang bisa menjadi pengingat Anda bahwa Anda bekerja untuk membahagiakan keluarga Anda.

Manfaatkan Tempat

rak dinding kantor

Di dalam ruang kerja tentunya ada banyak barang-barang penting yang Anda miliki, untuk itu agar kerapian dan keindahan ruang kerja Anda tetap terasa, selain menyingkirkan barang-barang yang tidak terlalu penting Anda harus memanfaatkan tempat yang ada di ruangan Anda.

Seperti misalnya dinding, Anda bisa memanfaatkan dinding tersebut dengan memasang sebuah rak yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang Anda.

Ingat, jangan sesekali campur baurkan berkas penting pekerjaan dengan berkas lain yang tidak terlalu penting atau berkas pribadi Anda.Hal tersebut sangat merepotkan jika sampai tercampur, tentu saja Anda tidak mau repot-repot mencari dimana berkas penting tersebut saat benar-benar dibutuhkan.

Tempatkan Tanaman

tanaman di kantor

Memandang sesuatu yang menyegarkan bisa menjadi sebuah booster untuk Anda agar lebih semangat lagi.Dengan meletakkan tanaman selain membuat ruang kerja lebih asri, Anda juga bisa merasakan manfaatnya untuk kerileksan Anda.

Tidak usah yang terlalu ribet, cukup dengan menaruh satu pot kecil yang bisa dirawat saja itu sudah cukup.Atau tidak Anda bisa mendekorasi ruang kerja Anda dengan apapun yang berwarna hijau untuk menimbulkan efek kesegaran.

Tidak rumit malah terkesan simple, jadi Anda semua jangan ragu untuk menerapkan ke-7 hal tersebut untuk mendekorasi ruang kerja Anda.

Semoga Bermanfaat.