5 Tips Agar Situs Web Toko Online efektif

Sebuah studi penelitian pernah dilakukan  oleh Forrester memperkirakan bahwa “penjualan online akan mencapai $ 335 miliar pada 2012” dan “E-commerce akan mencapai 6 persen dari seluruh penjualan ritel di Amerika Serikat”.

Dengan angka-angka seperti itu, kita bisa membayangkan seberapa cepat pertumbuhan industri eCommerce. Ketika web tumbuh secara eksponensial, semakin banyak bisnis yang mengidentifikasi dan merangkul kekuatan e-commerce untuk menjangkau khalayak global. Masa depan yang menjanjikan ini telah menghasilkan adopsi solusi web eCommerce oleh organisasi.

Dan, hal tersebut, saat ini juga terjadi di Indonesia. Perkembangan lalu-lintas transaksi secara online, terjadi luar biasa.

Jika Anda membuat web bisnis pada perusahaan layanan jasa pembuat toko online, Anda sedikit banyak tetap harus memahami tentang mekanisme website itu sendiri.

Kendati menggunakan layanan profesional dalam pembuatan web toko online, seseorang harus terlibat secara pribadi dalam setiap fase pengembangan situs web. Di sini, telah mencantumkan beberapa pos pemeriksaan yang akan membantu Anda dalam menjadikan situs web toko online Anda efektif dan aset bagi bisnis Anda:

1. Tujuan yang didefinisikan dengan baik

Situs web eCommerce normal berisi ribuan halaman dan jika seseorang mengadopsi praktik desain situs web eCommerce standar, itu akan menjadi implementasi yang mudah. Tetapi apakah Anda pernah memperhatikan bahwa sebenarnya kurang dari 100 halaman di situs web yang memegang peranan penting. Pastikan setiap halaman ini apakah halaman kategori, halaman review, halaman produk atau halaman kontak, harus melayani tujuan mereka. Bagaimanapun, pengunjung mendarat di situs web Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Menerapkan praktik desain dan arsitektur standar, sehingga nyaman bagi pengguna. Rancang dengan perspektif pengunjung; menerapkan struktur hierarki, menu kategori, utilitas pencarian dll.

2. Beranda yang Efektif

Beranda adalah perpanjangan dari bisnis Anda. Kerjanya seperti halaman sampul untuk situs web Anda. Meskipun sebagian besar waktu halaman internal Anda mendapatkan penjualan untuk bisnis tetapi yang benar-benar tidak dapat merusak pentingnya beranda. Halaman internal Anda menunjukkan pencarian spesifik yang dicari pengunjung tetapi beranda Anda terdiri atau menghubungkan ke setiap halaman situs web. Beranda Anda harus mudah dinavigasi, mudah digunakan, dan ditautkan ke halaman penting situs web. Jadi rancang dengan cermat; terlalu banyak produk, penawaran, produk terlaris dengan cara yang serampangan dapat membingungkan pengunjung dan akan menghasilkan tingkat bouncing yang tinggi.

3. User friendly

Tetap sederhana adalah mantra saat ini. Arsitektur situs web Anda harus dirancang sedemikian rupa sehingga menyoroti setiap detail halaman dengan cara yang ramah dan sederhana. Seseorang harus memastikan bahwa fitur, plug-in dan teknologi yang digunakan tidak akan menyulitkan pengunjung untuk menggunakan atau mengoperasikan. Misalnya, jika pengguna ingin membeli buku foto online, maka situs web harus menggunakan teknologi yang akan memudahkan pengunjung untuk membuat buku foto; ini akan menghasilkan pengalaman pengguna yang baik dan karenanya akan meningkatkan tingkat konversi.

4. Terhubung dengan Pengguna

Kepercayaan adalah faktor penting dan pengunjung biasanya suka berurusan dengan orang-orang yang mereka percayai. Tuliskan informasi tentang perusahaan Anda; toko Anda, kontak, email, perwakilan dll. Galeri gambar kantor Anda, toko, dan orang-orang yang bekerja di kantor, akan membantu. Memiliki bagian FAQ di situs Anda yang mencakup setiap masalah yang mungkin dialami pengunjung; itu bisa mengenai pelacakan pengiriman, kebijakan pengembalian, atau bahkan menggunakan situs web juga. Buat koneksi dengan mereka dengan sentuhan pribadi. Seharusnya membuat mereka merasa bahwa Anda berurusan secara pribadi dengan mereka.

5. Analisis Web

Melacak perkembangan penerapan situs web eCommerce Anda adalah penting, tetapi memantau kinerjanya juga sama pentingnya. Ini sebenarnya ada di sini di mana alat Analisis Web muncul. Web Analytics mengumpulkan, mengukur, menganalisis, dan menghasilkan laporan tentang strategi yang Anda adopsi. Iklan diskon terbaru di situs web Anda, penawaran kombo, kupon hadiah; setiap langkah kecil yang Anda lakukan, untuk menghasilkan bisnis dari situs web Anda dapat dimonitor oleh alat-alat ini dan pada akhirnya membantu Anda untuk mengetahui seberapa baik itu bekerja untuk bisnis.

Strategi yang terencana dengan baik bersama dengan Perusahaan Pengembangan Web eCommerce yang bagus dapat menjadikan situs web eCommerce Anda sukses dan aset bagi bisnis Anda. Yah itu tidak berakhir di sini, kita harus secara teratur menganalisis dan memantau kinerja situs web juga.

Atau, Anda dapat berkonsultasi secara gratis sistem dan mekanisme pengembangan web toko online. Atau hal-hal menyangkut rencana pembuatan website ke GARUDA.WEBSITE