3 Proses dalam Pengembangan SDM di Sebuah Perusahaan

Inilah 3 Proses dalam Pengembangan SDM di Sebuah Perusahaan, Mudah untuk Dijalankan! – Perusahaan yang sukses tentu didukung dengan SDM (Sumber Daya Manusia) atau lebih tepatnya tenaga kerja yang mempuni di bidangnya, disiplin serta bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Prestasi ini sulit untuk didapatkan perusahaan yang orientasi perusahaannya banyak membutuhkan SDM dalam menjalankan perusahaannya.

Keberadaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang terbilang sangat menentukan berjalannya bisnis yang dirintis oleh perusahaan membuat eksistensinya perlu diperhatikan utamanya proses dalam proses pengembangannya yang memerlukan beberapa penanganan khusus.

Jika ada pertanyaan sebutkan proses dalam pengembangan SDM! Maka penjelasan berikut ini akan membantu Anda Harvard Business Essentials (2006:94) menyebutkan tiga proses pengembangan SDM yang sangat dianjurkan pelaksanaannya. Proses yang dimaksud meliputi:

Memahami Tingkat Produktifitas Pekerja

Proses ini merupakan makna tersirat dari proses “mulai dari pekerja”, yang intinya bermaksud sama yakni memahami harapan dan tujuan pekerja serta tingkat keprofesionalannya ketika bekerja di sebuah perusahaan.

Ini tugas pimpinan perusahaaan bagaimana dengan proses penilaian ini, pimpinan atau atasan bisa memberikan arahan yang tepat dalam upaya meningkatkan kompetensi karyawannya. Semakin banyak mengetahui kelemahan dan kelebihan dari SDM perusahaan Anda, maka selaku pimpinan perusahaan Anda bisa dengan mudah membantu dan memotivasi merekan untuk terus maju. Selain itu, Anda bisa menemukan motivasi tersendiri dalam kegiatan penilaian ini.

Proses ini disambung dengan cara mengadakan pertemuan antara Anda sebagai pimpinan dan bawahan Anda sebagai pekerja di perusahaan Anda. Dalam kesempatan inilah antara Anda dan bawahan bisa saling pengertian. Akan tetapi sebelum Anda memulai dialog dalam pertemuan ini, setidaknya Anda sudah mendapatkan penilaian terkait tenaga kerja, sehingga nantinya diskusi bisa diarahkan pada obrolan seputar motivasi dan aspirasi karir mereka.

Mengembangkan Rencana

Ketika bawahan Anda telah termotivasi dengan beberapa penyampaian Anda dan sudah mendapatkan keterampilan baru yang bisa dieksploitasikan, maka proses berikutnya adalah melakukan pengembangan rencana. Rencana harus lebih baik dan lebih matang dengan memberikan tambahan satu atau dua penugasan yang sulit dan menantang. Kemudian melakukan upaya pembinaan atau pelatihan skill formal yang bisa membantu pekerja untuk mencapainya.

Terdapat tiga elemen yang dapat mendukung pengembangan tenaga kerja bisa termotivasi, dukungan manajemen sumber daya organisasional.

Taktik Mengembangkan Pekerja

Ini biasanya merupakan tugas manajer sdm dalam sebuah perusahaan, Untuk mengoptimalkan proses dalam pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) ini membutuhkan beberapa taktik yang tepat di antaranya:

  • Mendesain Ulang Pekerjaan

Langkah awal untuk merancang ulang pekerjaan ini adalah dengan cara melakukan inventarisasi lebih hati-hati dari sebelumnya mulai dari semua tugas yang ada kaitannya dengan pekerjaan. Tugas untuk rancang ulang ini mungkin terdapat pada job description yang berlaku atau dalam catatan penilaian kinerja bawahan Anda. Apabila sudah mempunyai semua list ini, penting melihat peluang membongkar tingkat bawah.

  • Delegasi

Taktik delegasi ini tidak hanya dengan mendelegasikan pekerja kepada perusahaan atau orang lain. Tapi Anda harus akuntabilitas untuk menyelesaikan pekerja sesuai target yang sudah Anda tetapkan sebagai acuan untuk pengembangan SDM di perusahaan Anda melalui tugas-tugas spesifik atau proyek tertentu dari satu orang (pekerja) ke orang lainnya.

  • Pelatihan Keterampilan

Pelatihan keterampilan kerja juga merupakan upaya dari pengembangan pekerja sekaligus untuk menjaga supaya kontribusi pekerja terhadap perusahan minimal tidak turun.

  • Pengembangan Karir

Nah, setelah melalui proses pelatihan keterampilan Anda bisa menerapkan langkah pengembangan karir dengan cara menjelaskan pengalaman-pengalaman dalam pelatihan, penugasan kerja serta hubungan mentoring.

Inilah yang dimaksud proses dalam pengembangan SDM di perusahan yang penting untuk diperhatikan serta mudah diterapkan dengan tujuan progresifitas perusahaan Anda ke depan. Dengan memahami penjelasan di atas maka Anda tidak bingung lagi dengan pertanyaan sebutkan proses dalam pengembangan SDM. Semoga bermanfaat.